Pemudik Masih Padati Pelabuhan Bakauheni H+6

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nashih Nashrullah

Selasa 11 Jun 2019 20:35 WIB

Pengendara mobil antre saat akan memasuki Kapal Roro di Dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Lampung, Ahad (9/6/2019). Foto: Antara/Ardiansyah Pengendara mobil antre saat akan memasuki Kapal Roro di Dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Lampung, Ahad (9/6/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan arus balik mudik tahun ini menuju Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, terpantau lebih padat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Posko Harian Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Endi Suprasetio, menjelaskan kepadatan ini salah satunya disebabkan meningkatnya jumlah pemudik yang menggunakan Tol Trans Sumatra pada momen lebaran kali ini. 

Baca Juga

"Kalau tahun-tahun sebelumnya kendaraan datang malam hari, pagi sudah masuk ke pelabuhan. Sekarang jam 11 siang juga datang lagi. Ada perilaku yang berbeda," kata Endi di Posko Mudik Nasional, Kementerian Perhubungan, Selasa (11/6).

Endi menjelaskan tak heran jika kemacetan yang luar biasa sempat terjadi sejak Jumat (7/10) hingga Ahad (10/10) kemarin di gerbang Tol Bakauheni. Bahkan kemacetan juga terjadi di jalan arteri dekat Pelabuhan Bakauheni.

Endi menyebut perubahan ini terjadi seiring dengan operasional Tol Trans Sumatra. Melalui tol tersebut, waktu tempuh pengguna jalan dari Palembang menuju Pelabuhan Bakauheni menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

"Tol ini memperlancar pergerakan menjadi hanya tiga sampai empat jam dari Palembang, dulu lebih lama. Nah karena lebih cepat jadi menumpuk di gerbang Tol Bakauheni," tutur Endi.