Selasa 11 Jun 2019 23:28 WIB

Wisatawan Asal Bogor Meninggal Tenggelam di Pantai Sukabumi

Ilham Andika asal Bogor meninggal terbawa ombak besar di Pantai Karanghawu Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ribuan wisatawan masih memadati obyek wisata pantai di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada H+4 lebaran, Ahad (9/6).
Foto: dok. Balawista Sukabumi
Ribuan wisatawan masih memadati obyek wisata pantai di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada H+4 lebaran, Ahad (9/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Seorang pengunjung asal Kabupaten Bogor meninggal dunia setelah tenggelam di Pantai Karanghawu, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi Selasa (11/6). Sebelumnya korban sempat diselamatkan oleh petugas Badan Penelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi.

Namun korban yang bernama Ilham Handika (17 tahun) warga Kampung Kedung Halang Sleweran Cilebut, Kabupaten Bogor ini meninggal dunia di puskesmas. Informasi yang diperoleh dari Balawista menyebutkan, korban bersama temannya yakni Lutfi (17) terbawa ombak besar di Pantai Karanghawu 2 Kebon Kelapa sekitar pukul 15.30 WIB.

Baca Juga

"Saat itu ombak sedang tidak bersahabat atau ombak pasang," ujar Kepala Divisi Operasional, SDM, dan Diklat, Balawista Kabupaten Sukabumi, Asep Edom Saepuloh kepada wartawan Selasa. Petugas mengetahui keberadaan keduanya setelah mereka terbawa ombak ke tengah lautan.

Petugas lanjut Asep, berupaya melakukan penyelamatan meskipun kewalahan karena kondisi medan yang berat yakni ombak pasang. Akhirnya kedua korban berhasil dibawa ke tepian pantai untuk mendapatkan pertolongan medis.

Satu orang korban ungkap Asep yakni Lutfi berhasil selamat. Sementara satu orang korban lainnya yakni Ilham meninggal dunia ketika berada di puskesmas.

Selain itu, pada Selasa dari pagi hingga siang tercatat sebanyak tiga kejadian lainnya di lokasi berbeda. Pertama kejadian laka laut di Pantai Karanghawu 2 Kebon Kelapa Cisolok sekitar pukul 09.00 WIB.

Korban yang tenggelam dan berhasil diselamatkan adalah M Topik Alpariji (17) warga Kemang Kabupaten Bogor. Pengunjung tersebut beraktivitas berenang di dekat karang dan terlalu ke tengah. Sebelumnya petugas memberikan peringatan namun diabaikan sehingga terjadi kecelakaan dan petugas melakukan penyelamatan.

Lokasi laka laut kedua ungkap Asep yakni di Pantai Istiqomah dengan korban tenggelam Ahmad (16) dan M Abdul Rohman (15) warga Puncak, Kabupaten Bogor sekitar pukul 10.30 WIB. Keduanya juga berhasil diselamatkan petugas. Terakhir kasus laka laut di Pos Nambo Gurilap Cisolok satu korban yakni Muhamad Rizki (15) Ciawi Bogor berhasil diselamatkan. 

Menurut Asep, pada upaya penyelamatan korban di Pantai Karanghawu satu petugas Balawista sempat tersangkut di karang. Akibatnya petugas yang bernama Muksin ini harus mendapatkan penangana medis di Puskesmas Cisolok.n riga nurul iman 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement