Sabtu 15 Jun 2019 22:09 WIB

Truk Pickup Klasik Keluaran 1969 ini Dibandrol Rp 1,9 Miliar

Mobil ini laku seharga Rp 1,9 m dalam sebuah pelelangan.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Nashih Nashrullah
Chevrolet K10 4X4
Foto: dok istimewa
Chevrolet K10 4X4

REPUBLIKA.CO.ID, ARIZONA—Kendaraan klasik memang dapat jadi sarana investasi alternatif. Pasalnya, jika dilelang, harga kendaraan klasik kadang diluar ekspektasi. Hal ini pun terjadi di Amerika Serikat (AS)

Dalam sebuah pelelangan di Arizona, Chevrolet K10 4X4, sebuah truk pickup keluaran 1969, yang telah direstorasi dan dimodifikasi terjual dengan harga 137.500 dolar AS atau sekitar Rp 1,9 miliar. 

Baca Juga

Tak kalah mengesankan, pickup truck Chevrolet klasik lainnya yang dikenal masyarakat  dengan ketangguhan dan desainnya pun juga telah terjual dengan harga yang lebih tinggi dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan semakin meningkatnya  minat terhadap model-model ini.

Chairman and CEO of Barrett-Jackson Auction Company, Craig Jackson, mengatakan pickup truck antik Chevrolet cukup populer di kalangan para kolektor, bahkan menyaingi tipe muscle car. Fenomena yang sangat menarik adalah ternyata para kolektor cenderung memburu kendaraan yang dinilai unik dan sangat berbeda. 

“Muscle car yang menjadi kendaraan koleksi adalah mobil-mobil yang dinilai setimpal antara kualitas produk dan harganya. Sementara pickup truck antik yang paling menjadi incaran para kolektor adalah jenis pickup truck yang telah seluruhnya dikastem dan elemen desain yang unik serta pengerjaan kastem dengan kualitas tinggi merupakan kriteria yang penting bagi mereka,” kata Craig dalam keterangan pers kepada Republika,co.id, Sabtu (15/6).

Di dunia kendaraan kolektor, “angka yang tepat” untuk menggambarkan nilai sebuah kendaraan adalah ketika di kendaraan tersebut masih dijumpai banyak komponen utama yang asli. Namun ketika   faktor ini menjadi penting dalam menilai sebuah  Chevrolet Corvette atau Camaro muscle car, tetapi kriteria tersebut tidak terlalu berpengaruh dalam kategori vintage pickup-truck.

Menurutnya, pickup truck klasik yang dimodifikasi, seperti Chevrolet 3100, Apache, Cameo dan model C/K keluaran 1950-70an, merupakan sebuah tren yang muncul dalam dunia kendaraan kolektor sebagai cara praktis untuk memasuki pasar kolektor mobil klasik.

Marketing Director Chevrolet Trucks, Sandor Piszar, mengatakan salah satu daya tarik pickup truck klasik Chevrolet adalah kesempatan memodifilasi pickup truck sesuai selera dan impian. “Sebuah pickup truck mudah ditemukan dengan harga yang relatif rendah, namun  tidak demikian dengan biaya pengerjaan modifikasi bodi, sasis, dan peningkatan performa kendaraan yang nyaris tanpa batas. Dalam hal ini, tidak salah jika pickup truck Chevrolet merupakan pilihan yang tepat bagi para kolektor dari berbagai usia,” kata Piszar.

Ketangguhan pickup truck klasik Chevrolet juga menjadi magnet  bagi para kolektor mobil di tanah air. Salah satunya adalah Danny B. yang juga gemar mengkoleksi pickup-truck. 

“Saya dari dulu memang sudah senang dengan pickup truck milik Chevrolet karena ketangguhan mesin Chevrolet jika dibandingkan dengan brand-brand lainnya, bahkan sampai saat ini saya masih memakai mesin enam silinder in-line maupun yang V-8,” kata dia.   

Menurutnya. Chevrolet pickup 1957 ini pertama kali dia temukan dalam keadaan bodi utuh dengan chassis original dan dengan minimal keropos di bodi karena plat yang cukup tebal. Hanya mesin saja tidak hidup dan perlengkapan aksesories hanya sisa seadanya.    

Namun, dia melakukan restorasi dan modifikasi selama dua tahun penuh, terutama bagian  suspensi, bodi dan mesin yang masih sama 6 silider dan semua perlengkapan aksesories dan spareparts orisinil masih tersedia di Amerika.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement