Jumat 21 Jun 2019 13:09 WIB

Rambut Rontok? Pola Anda Makan Mungkin Penyebabnya

Kekurangan makanan kaya zat besi pengaruhi kerontokan rambut.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Rambut rontok
Foto: Flickr
Rambut rontok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kerontokan rambut bisa jadi momok bagi beberapa orang. Akibatnya, banyak uang dihabiskan untuk perawatan rambut yang mahal. Tujuannya, agar rambut tidak rontok.

Tapi sains memiliki solusi mudah untuk menyelesaikan masalah penipisan rambut.  Yaitu dengan memperbaiki pola makan.

Baca Juga

Seperti dilansir dari laman Times of India, Jumat (21/6), sesuai tinjauan 2006 dari 40 tahun penelitian, telah ditemukan kaitan antara rambut rontok dan kekurangan zat besi. Meskipun, penelitian tidak secara jelas menetapkan bahwa kekurangan zat besi dapat menyebabkan rambut rontok.

Juga telah diketahui bahwa kebotakan atau masalah penipisan rambut adalah umum pada vegan atau vegetarian. Alasannya karena mereka tidak makan produk makanan hewani, yang kaya akan zat besi. Secara keseluruhan, tidak dapat diabaikan bahwa rambut rontok adalah tanda kekurangan zat besi.

Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah untuk membentuk hemoglobin. Ini pada akhirnya akan menyebabkan kekurangan oksigen dalam tubuh, yang diperlukan untuk rambut Anda tumbuh dan memperbaiki sendiri.

Kekurangan nutrisi ini umum terjadi pada vegan dan vegetarian. Dalam kondisi seperti itu, mereka perlu makan lebih banyak makanan kaya zat besi untuk memenuhi tingkat asupan zat besi yang direkomendasikan setiap hari.

Pada dasarnya ada dua jenis zat besi, pertama heme mengandung zat besi dalam bahan makanan hewani. Kedua, zat besi non-heme ditemukan pada bahan makanan nabati dan hewani.

Tubuh manusia dapat menyerap zat besi heme lebih baik daripada zat besi non-heme. Ini adalah alasan mengapa vegetarian membutuhkan hampir dua kali lipat jumlah zat besi dibandingkan dengan yang bukan vegetarian. Brokoli, kacang-kacangan, sayuran berdaun gelap, dan quinoa adalah beberapa makanan yang kaya zat besi.

Anda juga dapat mengonsumsi suplemen zat besi setelah berkonsultasi dengan dokter. Seperti yang dikatakan sebelumnya, zat besi tidak bisa sepenuhnya disalahkan atas kebotakan atau kerontokan rambut. Stres, penuaan, obat-obatan, perubahan hormon adalah beberapa alasan lainnya. Jadi, bahkan jika penipisan rambut Anda tidak berhubungan dengan kekurangan zat besi, tidak ada salahnya memiliki diet seimbang.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَالَتِ الْيَهُوْدُ لَيْسَتِ النَّصٰرٰى عَلٰى شَيْءٍۖ وَّقَالَتِ النَّصٰرٰى لَيْسَتِ الْيَهُوْدُ عَلٰى شَيْءٍۙ وَّهُمْ يَتْلُوْنَ الْكِتٰبَۗ كَذٰلِكَ قَالَ الَّذِيْنَ لَا يَعْلَمُوْنَ مِثْلَ قَوْلِهِمْ ۚ فَاللّٰهُ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ فِيْمَا كَانُوْا فِيْهِ يَخْتَلِفُوْنَ
Dan orang Yahudi berkata, “Orang Nasrani itu tidak memiliki sesuatu (pegangan),” dan orang-orang Nasrani (juga) berkata, “Orang-orang Yahudi tidak memiliki sesuatu (pegangan),” padahal mereka membaca Kitab. Demikian pula orang-orang yang tidak berilmu, berkata seperti ucapan mereka itu. Maka Allah akan mengadili mereka pada hari Kiamat, tentang apa yang mereka perselisihkan.

(QS. Al-Baqarah ayat 113)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement