Ahad 23 Jun 2019 19:27 WIB

Upnormal Buka Etalase Kopi Jawa Barat di Bandung

Di Etalase pengunjung bisa menggali informasi hingga meminum kopi Jawa Barat.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Indira Rezkisari
Pengunjung menyeduh kopi pada acara Etalase Kopi Jawa Barat dan Peresmian Paberik Kopi Upnormal di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Sabtu (22/6).
Foto: Abdan Syakura
Pengunjung menyeduh kopi pada acara Etalase Kopi Jawa Barat dan Peresmian Paberik Kopi Upnormal di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Sabtu (22/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kopi merupakan salah satu produk kebanggaan Jawa Barat. Tren kopi turut menambahkan pamor kopi parahyangan.

Upnormal sebagai merk lokal membawa misi untuk membangun kopi Jawa Barat dari hulu ke hilir. Dengan menghadirkan Etalase Kopi Jawa Barat Terbaik di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Jalan Cihampelas, Kota Bandung.

Pendiri Cipta Rasa Prima Group, Sarita Sutedja menyebut hadirnya Paberik Kopi Upnormal bertepatan dengan ulang tahun Upnormal kelima. Sehingga momen ini dianggap sebagai kontribusi Upnormal untuk memajukan kopi Jawa Barat.

"Bagi kami ini adalah sebuah apresiasi atas dukungan yang selama ini kami terima. Dari mulai kedai kecil di Jalan Suci hingga kini visi kami untuk bisa bersaing dengan brand internasional," kata Sarita dalam kata sambutannya.

photo
Penjual menunjukkan biji kopi pada acara Etalase Kopi Jawa Barat dan Peresmian Paberik Kopi Upnormal di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters,Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Sabtu (22/6).

Etalase Kopi Jawa Barat menyediakan fasilitas informasi mengenai asal-usul kopi asli Jawa Barat. Sehingga pengunjung bisa mengetahui dari mana kopi yang dia minum berasal.

Kontribusi kopi Jawa Barat tidak terlepas dari produk jualnya saja. Namun dimulai dari hulunya, yakni petani kopi.

Untuk itu, Upnormal mengumpulkan petani kopi terbaik di Jawa Barat untuk bisa bekerja sama. Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters ini menjadi tempat pembinaan bagi petani dan prosessor kopi Jawa Barat untuk memproses kopi sesuai standar.

Di Etalase Kopi Jawa Barat Terbaik terdapat juga sepuluh kopi Jawa Barat yang terpilih dari proses seleksi. Diantaranya adalah Wanoja Coffee, Ranting Estate, Kopi Boehoen, Java Preanger Gunung Tilu, Java Frinsa Estate, Halu Highland, Balantik Coffee Farmers, Kopi Arjuna, Kasuga dan Coffee Palasari.

photo
Pengunjung menyeduh kopi pada acara Etalase Kopi Jawa Barat dan Peresmian Paberik Kopi Upnormal di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters,Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Sabtu (22/6).

Ketua Speciality Coffee Association of Indonesia, A. Syafrudin mendukung langkah dari Upnormal. Menurutnya, banyak permasalahan yang harus diselesaikan bersama agar pamor kopi tidak lagi tergantikan.

"Bagaimana kopi Jawa Barat bukan hanya terkenal di Indonesia tapi juga di luar negeri. Namun bukan hanya sebuah tren saja, tapi secara terus menerus," kata Syafrudin.

Selain permasalahan di hulu, ada pula permasalahan yang muncul di hilir. Bagaimana banyaknya kedai kopi yang hanya berdiri seumur jagung dan tanpa ada inovasi baru sehingga tidak bisa bertahan lama.

Untuk itu, Upnormal juga membantu siapa saja yang ingin mempelajari cara roasting dan menyeduh kopi dengan baik. Upnormal menyediakan berbagai acara kopi dari mulai kelas kopi, bisnis hingga pengalaman seputar kopi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement