Rabu 03 Jul 2019 16:34 WIB

TNI AL-USPACFLT Kerja Sama di Bidang Pertukaran Informasi

KSAL mengapresiasi dukungan AL AS.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi prajurit TNI
Foto: Antara
Ilustrasi prajurit TNI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) bekerja sama dengan United States Pacific Fleet (USPACFLT) untuk memelihara dan meningkatkan kerjasama. Salah satunya dalam hal pertukaran formasi.

"Dalam menghadapi tantangan keamanan maritim, Indonesia dalam hal ini TNI AL dan USPACFLT sepakat untuk memelihara dan meningkatkan kerjasama salah satunya berupa information sharing," ujar Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Siwi Sukma Adji, melalui keterangan persnya, Selasa (2/7).

Baca Juga

Ia menyatakan hal itu ketika menerima kunjungan Panglima USPACFLT, Admiral John C Aquilino, beserta rombongan di Gedung Utama Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (1/7). Kasal berharap, hubungan baik dan kerjasama yang sudah terjalin selama ini dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi.

KSAL juga sangat mengapresiasi atas dukungan Angkatan Laut Amerika Serikat pada kegiatan Rim of Pacific (Rimpac) 2018 di Hawaii. Saat itu, TNI AL mengikutsertakan KRI Makasar-590 dan KRI R.E Martadinata-331.

Disamping itu, ucapan terima kasih juga disampaikan John kepada Kasal atas kesediaan menerima kunjungannya serta partisipasi TNI AL dalam kegiatan Rimpac 2018. Mereka mengirimkan dua kapal dan pasukan marinir.

Ia berharap pada tahun 2020 dapat tetap ikut berpartisipasi. John juga mengucapkan terima kasih sudah mendukung kegiatan port visit USS Blue Ridge dan USS Patriot di Jakarta beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement