Sabtu 06 Jul 2019 16:53 WIB

Dinas LH Jakarta Imbau Uji Emisi Kendaraan Enam Bulan Sekali

Uji emisi sebagai bentuk kepedulian untuk mengurangi polusi udara

Red: Christiyaningsih
Petugas Sudin Lingkungan Hidup DKI Jakarta melakukan uji emisi kendaraan bermotor di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (6/7/2019).
Foto: Antara/Galih Pradipta
Petugas Sudin Lingkungan Hidup DKI Jakarta melakukan uji emisi kendaraan bermotor di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (6/7/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Lingkungan Hidup (Dinas LH) DKI Jakarta mengimbau pemilik kendaraan bermotor untuk melakukan uji emisi setiap enam bulan sekali. Uji emisi ini sebagai bentuk kepedulian untuk mengurangi polusi udara.

"Pengguna kendaraan bermotor juga dapat ikut mengurangi polusi udara dengan melakukan uji emisi kendaraannya secara rutin setiap enam bulan sekali di bengkel pelaksana uji emisi," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kadis LH DKI Jakarta Andoro Warih, Sabtu (6/7).

Baca Juga

Andoro mengatakan saat ini terdapat 155 bengkel yang memberikan layanan uji emisi dan tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta. Ratusan bengkel tersebut telah terintegrasi dengan aplikasi e-Uji Emisi yang dikelola oleh Dinas LH.

Ke depan, ia berharap bengkel-bengkel kendaraan lainnya memiliki layanan uji emisi gas buang kendaraan guna mendukung menciptakan udara bersih di Jakarta. "Semakin banyak bengkel yang memberikan layanan uji emisi akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk ikut berkontribusi meminimalkan polusi di Jakarta," kata dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menerapkan aturan uji emisi bagi kendaraan bermotor yang melintas di Jakarta pada 2020. Aturan ini berlaku untuk seluruh kendaraan yang akan melewati jalan-jalan ibu kota, termasuk juga kendaraan yang berasal dari luar daerah.

"Tahun depan kita akan mulai dengan pengendalian emisi bagi kendaraan bermotor. Akan ada uji emisi dan kendaraan yang beroperasi di Jakarta baik dari luar daerah maupun milik warga Jakarta harus lolos uji emisi," kata Anies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement