Selasa 30 Jul 2019 18:45 WIB

Mahasiswa UII Diminta Dekat dengan Masyarakat

UII merumuskan program KKN dengan tujuan menjaga kelestarian desa.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UII Yogyakarta.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UII Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta terus berusaha memberi solusi bagi masyarakat. Salah satunya dengan menurunkan mahasiswa-mahasiswa lewat Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Pelaksanaan KKN angkatan 59 2019/2020 diikuti 2.512 mahasiswa. Mereka terdiri dari 1.202 laki-laki dan 1.310 perempuan, yang sudah dilepas di FPSB UII.

Kepala Pusat KKN UII, Raden Edi Fitriyanto mengatakan, untuk lokasi KKN terdiri dari lima kabupaten. MulaiGunungkidul, Klaten, Magelang, Purworejo, sampai Kebumen dengan 19 kecamatan dan 56 desa.

Jumlah unit KKN berjumlah 113 unit model reguler dan 1 AISEC. Serta, jumlah pembimbing yang diterjunkan berjumlah 45 orang untuk pembimbing I dan 45 orang untuk pembimbing II. "Adapun waktu pelaksanaannya pada 30 Juli-30 Agustus 2019," kata Edi.

Rektor UII, Fathul Wahid menuturkan, pola KKN UII itu berbeda dari kampus-kampus lain. Sebab, UII merumuskan program KKN dengan tujuan menjaga kelestarian desa.

Sekaligus, lanjut Fathul, menjadikannya desa mitra yaitu desa yang dibimbing agar menjadi desa mandiri. Karenanya, ia berpesan kepada mahasiswa kalau mereka harus turut membantu permasalahan masyarakat.

Salah satu caranya, aktif berpastisipasi dalam berbagai kegiatan. Ia turut meminta mahasiswa-mahasiswa memahami pentingnya adaptasi diri terhadap lingkungan dan diri sendiri.

"Mahasiswa haruslah menumbuhkan empati yang artinya dapat memahami apa yang dirasakan masyarakat, KKN kesempatan untuk mengasah empati agar sensitif," ujar Fathul.

Fathul menambahkan, saat ini pemuda dengan umur 19-24 tahun yang bisa berkuliah baru sebanyak 31,5 persen. Untuk itu, ia berharap, KKN bisa membuat masyarakat merasakan dampak kehadiran mahasiswa.

Untuk itu, mahasiswa-mahasiswa KKN diminta memberikan kontribusi terbaiknya. Terlebih, momen KKN ini bertepatan Hari Raya Idul Adha dan hari Kemerdekaan Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement