Jumat 02 Aug 2019 09:43 WIB

Ancol Siapkan Acara Menarik Sambut HUT RI dan Idul Adha

Ancol juga rutin menyelenggarakan shalat Idul Adha berjamaah.

Red: Dwi Murdaningsih
 Penyelam mengibarkan bendera Merah Putih untuk memperingati HUT Ke-70 Kemerdekaan RI di Sea World, Ancol, Jakarta, Senin (17/8).  (Republika/Yasin Habibi)
Penyelam mengibarkan bendera Merah Putih untuk memperingati HUT Ke-70 Kemerdekaan RI di Sea World, Ancol, Jakarta, Senin (17/8). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pembangunan Jaya Ancol, mengadakan tiga kegiatan besar sepanjang Agustus. Acara mulai dari peringatan Idul Adha sekaligus pembagian daging hewan kurban, perayaan HUT ke-74 RI dan pagelaran musik Jakarta Melayu Festival ke-9.

VP Corporate Secretary PT Pembangunan Jaya Ancol, Agung Praptono mengatakan Agustus  identik dengan semarak perayaan karena bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia di setiap tanggal 17 Agustus. Namun tahun ini, terdapat pula salah satu peringatan Hari Besar umat muslim yaitu Idul Adha yang jatuh pada 11 Agustus 2019. 

Ancol juga rutin menyelenggarakan Sholat Idul Adha berjamaah yang dilanjutkan dengan pemotongan dan pembagian daging kurban.

"Tahun lalu Ancol membagikan sebanyak kurang lebih 3.500 bungkus daging kurban kepada kaum dhuafa serta yayasan yatim piatu yang berada di wilayah sekitar," katanya dalam siaran pers, Kamis (1/8).

Sementara itu, dalam rangka menyambut perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-74, Ancol tengah mempersiapkan beragam kegiatan spesial kemerdekaan yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung pada tanggal 17 Agustus 2019 nanti. Dua acara yang paling unik dan spektakuler adalah pengibaran bendera di dalam air dan lomba panjat pinang kolosal.

"Sea World Ancol akan menggelar prosesi pengibaran bendera di bawah air. Pengibaran ini akan dilakukan oleh para penyelam profesional di dalam aquarium dengan kedalaman hingga 6 meter. Tidak hanya itu, salah satu penyanyi muda Indonesia Aaliyah Massaid direncanakan akan turut ambil peran sebagai pengibar bendera," ujarnya.

Tahun ini Ancol akan menyiapkan 190 batang pohon pinang yang akan tersebar di seluruh unit rekreasi Ancol Taman Impian. Termasuk 174 batang yang akan dipasang di Lapangan Pantai Carnaval. Lomba Panjat Pinang Kolosal ini juga merupakan agenda rutin dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI dan seiring dengan usia yang semakin bertambah, jumlah pinangnya pun ikut bertambah.

"Sebagai perbandingan, tahun 2018 lalu ada sekitar 188 pohon pinang yang diperebutkan," ucapnya.

Selain rangkaian acara tersebut, terdapat pula konser musik spesial Jakarta Melayu Festival yang akan digelar di Ancol Beach City Mall pada 17 Agustus 2019. Konser ini akan menghadirkan musisi-musisi melayu ternama di Indonesia serta akan dimeriahkan juga dengan bintang tamu Tony Q Rastafara Band.

Konser yang akan berlangsung mulai pukul 19.00 WIB ini mengangkat tema "Merengkuh Keadilan" sebagai simbolisasi dari harapan jutaan anak bangsa setelah 74 tahun Indonesia merdeka.

"Agustus ini juga bertepatan dengan HUT  HUT Dufan ke-34,  di tanggal 30 Agustus 2019 akan digelar acara khusus dan meriah, selain itu ada harga tiket menarik yang pembeliannya melalui website resmi ancol," sebutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement