Sabtu 03 Aug 2019 16:22 WIB

Aher: Pemenang Pemilu Harus Rajut Persatuan

Pemilu 2019 menimbulkan luka di antara masyarakat akibat gesekan yang dibiarkan.

Red: Ratna Puspita
Ahmad Heryawan
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus PKS Ahmad Heryawan mengatakan perpecahan yang sempat terjadi saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 harus dirajut lagi terutama oleh pemenang pesta demokrasi. Selain itu, persatuan berdasarkan Pancasila harus dijaga karena sudah final.

"Ketika ada secercah keretakan di bangsa ini maka pemimpin yang memenangkan kontes demokrasi dialah yang paling wajib untuk menyatukan kembali bangsa ini," ujar politikus yang akrab disapa Aher itu dalam diskusi politik di Jakarta Selatan, Sabtu (3/8).

Baca Juga

Menurut Aher, Pemilu 2019 menimbulkan luka di antara masyarakat akibat gesekan yang dibiarkan dan menjadi besar. Hal itu harus segera disembuhkan karena Indonesia sebagai bangsa Pancasila yang mengusung kebersamaan.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga mengatakan bahwa konsep kebangsaan yang dianut oleh bangsa Indonesia yaitu Pancasila sudah final dan tidak bisa didikusikan lagi. "Bagi PKS, kita konsep berbangsa dan bernegara ini sudah final. Pancasila sudah final dan selesai bagi bangsa ini. Jangan didiskusikan lagi," tegasnya.

Aher juga mengatakan diskusi harusnya sudah tidak dilakukan. Jika kemudian ada amandemen maka itu kesepakatan bersama yang dilakukan tanpa mengubah roh kesatuan Pancasila.

Diskusi yang diselenggarakan Putera Nasional Indonesia Institute itu mengambil tema "Merajut Kebersamaan Menjaga Persatuan Indonesia." Diskusi itu dihadiri juga oleh pengamat komunikasi politik Syaifuddin, Direktur Eksekutif Indopolling Network Wilhelmus Wempy, dan DPP Persatuan Alumni GMNI Ade Reza Hariyadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement