Rabu 07 Aug 2019 08:30 WIB

Jangan Tunggu Haus untuk Minum

Banyak orang berpikir waktu terbaik untuk minum ialah ketika merasa haus saja.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda
Minum air putih lebih menyehatkan dibanding apapun
Foto: Boldsky
Minum air putih lebih menyehatkan dibanding apapun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapan waktu yang tepat untuk minum air? Dengan spontan kata haus akan muncul di kepala. Kebanyakan orang berpikir waktu yang tepat untuk meminum air ketika haus.

Salah seorang anggota Indonesian Hydration Working Group dr Dewi Friska MKK menjelaskan, pandangan tersebut keliru. Rasa haus justru menunjukkan bahwa tubuh benar-benar telah kekurangan cairan.

Baca Juga

"Jangan menunggu haus, karena itu sudah masuk tanda dehidrasi," ujar staf di Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Ketika tenggorokan merasa kering, saat itu tubuh sudah membutuhkan asupan cairan. Minum air putih perlu dilakukan sebelum haus.

Menurut Friska, setiap orang sebaiknya minum air begitu bangun tidur. Itu diperlukan mengingat tubuh yang mendapatkan asupan cairan selama tidur malam.

"Sebelum berkegiatan, seperti berolahraga, kemudian ketika berolahraga, dan setelahnya juga perlu minum," ucap dr Friska dalam acara  Women’s Health Expo 2019, Sabtu (3/8).

Friska menganjurkan untuk minum satu gelas air putih sebelum berolahraga, satu gelas lagi setelah 15 menit berolahraga, dan satu hingga dua gelas setelah berolahraga untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar dari proses keringat. Minum pun sangat diperlukan ketika setelah makan.

"Jangan membiasakan diri tidak minum setelah mengonsumsi makanan," kata Friska.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement