Jumat 16 Aug 2019 09:17 WIB

Buka Sidang MPR, Zulhas Ajak Masyarakat Terima Hasil Pemilu

Apapun hasilnya, Zulhas mengatakan itu merupakan kemenangan bangsa Indonesia.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Friska Yolanda
Suasana Sidang Tahunan MPR-RI Tahun 2019 di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (16/8).
Foto: Republika/Dedy Darmawan
Suasana Sidang Tahunan MPR-RI Tahun 2019 di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (16/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan membuka sidang tahunan MPR RI di Ruang Rapat Paripurna MPR RI, Jakarta pada Jumat (16/8). Dalam pidatonya, Zulkifli meminta masyarakat Ikhlas atas hasil pemilu 2019.

"Melalui sidang terhormat ini, MPR mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama menerima hasil Pemilihan Umum 2019 ini secara ikhlas," kata Zulkifli membuka sidang tahunan.

Baca Juga

Pria yang akrab disapa Zulhas itu mengatakan, Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Umum Presiden haruslah dipahami sebagai kompetisi antar kita, antar saudara, antar sesama anak bangsa. Sehingga apa pun hasilnya, merupakan kemenangan bangsa Indonesia.

"Karena pilihan politik boleh beda, tetapi merah putih kita sama, dan tetap akan sama untuk selamanya. Mari kita rajut kembali Merah Putih," ujar Poltikus PAN itu.

Zulhas selaku Pimpinan MPR pun mengucapkan selamat kepada Joko Widodo dan Ma’ruf Amin yang telah terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Tak lupa, Zulhas juga mengucap terima kasih pada capres Prabowo Subianto dan cawapres Sandiga Uno.

"Mengucapkan terima kasih atas sikap kenegarawanan yang telah bapak tunjukkan selama ini," ujar Zulhas pada pasangan tersebut. Sandiaga Uno tampak hadir dalam sidang tahunan ini.

Zulhas juga mendorong segenap pemimpin bangsa untuk memberikan pendidikan politik yang menjunjung tinggi etika, menunjukkan sikap kenegarawanan dengan tetap mengedepankan persatuan di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan. Zulhas juga juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh penyelenggara pemilu, serta turut berduka cita atas wafatnya para petugas penyelenggara pemilu, pengawas pemilu maupun aparat keamanan sebagai pahlawan demokrasi Indonesia

"Alhamdulillah, Pemilu Serentak 2019 yang untuk pertama kalinya dilaksanakan, akhirnya dapat kita lalui bersama. Suksesnya penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 merupakan bukti bahwa Bangsa Indonesia telah semakin dewasa dalam berdemokrasi," ucap Zulhas.

Agenda sidang tahunan ke-5 MPR RI ini adalah pidato Presiden RI Joko Widodo. Sidang ini dihadiri oleh Wapres Jusuf Kalla, wapres terpilih Ma'ruf Amin hingga berbagai pimpinan tinggi lembaga negara, serta tokoh-tokoh negara. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement