Sabtu 24 Aug 2019 06:22 WIB

Kreasi Kue Ulang Tahun yang Bisa Menjadi Penarik Perhatian Pesta

Ulang tahun akan dirayakan dengan sebuah pesta plus sebuah kue khas ulang tahun.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
.
.

Sebagai salah satu momen paling berkesan dalam hidup, ulang tahun kerap dirayakan oleh seseorang maupun orang tua untuk sang buah hati. Biasanya, ulang tahun akan dirayakan dengan sebuah pesta, lengkap dengan sebuah kue khas ulang tahun.

Karena hanya dilakukan satu tahun sekali, tak jarang orang yang berulang tahun akan mengadakan pesta yang cukup meriah. Kue ulang tahun sebagai simbol rasa syukur diberi umur yang panjang juga seringkali dibuat sebaik mungkin.

Di Indonesia, tak sedikit masyarakat yang turut serta melakukan kegiatan pesta ulang tahun dan membuat kue ulang tahun. Kebanyakan sahabat dan sanak saudara biasanya akan turut datang dalam undangan pesta ulang tahun seseorang dan memberikan hadiah serta doa dan harapan.

Nah, bagi Anda yang sering mengadakan atau menghadiri pesta ulang tahun, kue ulang tahun bukan hanya sekedar kudapan pasca orang yang berulang tahun meniup lilin di kue tersebut. Beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan kue ulang tahun untuk menjahili orang yang berulang tahun.

Namun, jika kue ulang tahun tersebut dibuat dengan bersungguh-sungguh dan dengan desain yang menarik, pesta ulang tahun Anda tentu akan menjadi lebih meriah. Untuk itu, agar Anda dapat mendapatkan referensi kue ulang tahun yang menarik, simak informasinya berikut ini.

 

1. Kue Ulang Tahun dengan Desain Out of the Box

 

Kue ulang tahun adalah sebuah simbol rasa syukur atas umur panjang dari orang yang sedang berulang tahun. Oleh karenanya, tak jarang seseorang yang berulang tahun membuat kue ulang tahun dengan desain yang menarik.

Beberapa orang juga membuat model kue ulang tahun yang sesuai dengan bidang pekerjaan ataupun hal yang disukai. Salah satu contohnya adalah kue ulang tahun dengan desain kemeja dinas atau kerja.

Kue ulang tahun dengan desain kemeja dinas, seperti, seragam polisi, jas kerja, dan semacamnya, menyimbolkan sebuah kesuksesan yang telah diraih oleh orang yang berulang tahun. Dengan membuat kue ulang tahun model kemeja, diharapkan orang yang sedang berulang tahun tersebut tidak melupakan rasa kebersamaan dalam mengejar kesuksesan bersama orang-orang terdekatnya.

Selanjutnya, ada kue ulang tahun dengan desain alat musik. Bagi orang yang menyukai bermain alat musik, tidak ada salahnya untuk membuat kue ulang tahun dengan desain instrument musik yang disukai. Hal ini menandakan bahwa Anda memiliki hobi yang dapat memberikan kebahagiaan.

Membuat kue ulang tahun berbentuk harta karun juga dapat memberikan Anda desain yang unik. Jika Anda berencana untuk mengadakan pesta ulang tahun untuk buah hati Anda, tidak ada salahnya untuk membuat kue ulang tahun dengan model harta karun. Selain unik, kue ulang tahun dengan desain tersebut dapat menumbuhkan daya pikir kreatif dari sang anak.

Bagi yang hobi mengoleksi bunga atau tanaman hias, membuat kue ulang tahun dengan desain tersebut juga dapat memberikan kesan yang menarik. Pastinya, Anda juga dapat memberikan pesan tersirat jika Anda adalah seorang pecinta tanaman hias. 

Terakhir adalah membuat kue ulang tahun dengan model rumah atau istana. Kue ulang tahun dengan desain seperti ini cukup cocok bagi Anda yang baru saja memiliki hunian baru. Jadi, sembari mensyukuri nikmat diberi umur panjang, Anda juga dapat bersyukur atas semua rezeki yang telah didapatkan.

Baca Juga: Cara Asyik dan Hemat Rayakan Ulang Tahun untuk Usia 20-an

 

2. Kue Ulang Tahun dengan Desain Paling Keren

Memiliki fungsi simbolis atas harapan ataupun pencapaian yang dimiliki oleh orang yang berulang tahun, tak sedikit kue ulang tahun yang dibuat dengan desain sangat menarik. Bahkan, beberapa orang menyebutnya sebagai kue ulang tahun terbaik di dunia.

Salah satunya adalah kue ulang tahun dengan desain barang-barang yang ada dari novel dan film Harry Potter. Dalam kue ulang tahun tersebut, terdapat hiasan berupa tongkat sihir, kacamata khas si tokoh utama, hingga topi yang menyeleksi siswa baru Hogwarts. 

Selanjutnya, ada sebuah kue ulang tahun yang dibuat dengan hiasan 72 ribu lilin. Tak ayal kue ulang tahun yang dibuat oleh lebih dari 100 orang tersebut menyandang rekor di buku Guinness World Records sebagai kue ulang tahun dengan lilin terbanyak di dunia. Karena jumlah lilin yang terlalu banyak, pihak pembuat kue ulang tahun harus menggunakan pemadam api untuk mematikan puluhan ribu lilin tersebut.

Kue ulang tahun paling keren di dunia juga pernah dibuat di Amerika Serikat, atau lebih tepatnya di Las Vegas. Sebagai perayaan ulang tahun yang ke-100, kota Las Vegas membuat sebuah kue ulang tahun dengan ukuran 31 meter kali 15.85 meter dan tinggi 0.5 meter. Tak ayal kue ulang tahun tersebut digadang-gadang sebagai kue ulang tahun terbesar di dunia.

3.  Kue Ulang Tahun dengan Biaya Termahal

 

Selain berlomba-lomba membuat kue ulang tahun yang unik, beberapa orang juga segan untuk menggelontorkan banyak uang hanya untuk sebuah kudapan. Bahkan, kisaran harga kue ulang tahun termahal di dunia mulai dari belasan miliar hingga satu triliun.

Kue ulang tahun termahal di dunia yang pertama adalah kue Diamond Chocolate. Dibuat oleh chef asal Jepang, Masami Miyamoto, kue ulang tahun tersebut dihargai hingga 12 miliar. Harga yang sangat fantastis untuk sebuah kue pada sebuah pesta ulang tahun.

Selanjutnya ada Diamond Gala Cake, sebagai kue ulang tahun termahal di dunia. Dibuat khusus dengan taburan berlian dan perhiasan asli, kue ulang tahun ini memiliki harga 422 miliar Rupiah. Jadi, apakah Anda ingin membeli kue ulang tahun seharga mobil mewah tersebut?

Kue ulang tahun termahal ketiga adalah sebuah kue dengan nama Pirates Fantasy. Kue tersebut memiliki desain sebuah kapal dengan hiasan ornament khas bajak laut. Terlihat unik dan mewah, kue ini terjual dengan harga US$35 juta atau 493 miliar Rupiah.

Terakhir, ada sebuah kue yang dipesan khusus oleh seorang konglomerat asal Uni Emirat Arab untuk anak perempuannya. Kue bertajuk Fashion Runway dibuat oleh Debbie Wingham, yang juga pernah membuat gaun dengan harga selangit, memiliki harga 1.06 triliun. 

Tentu sangat mencengangkan mengeluarkan uang lebih dari 1 triliun hanya untuk sebuah kue di pesta ulang tahun anaknya. Tetapi, itulah yang dilakukan oleh seorang konglomerat di Uni Emirat Arab tersebut.

Baca Juga: Ide Pesta Ulang Tahun Anak dengan Budget Hemat

 

4. Fakta Menarik Seputar Kue Ulang Tahun

 

Identik dengan masa seseorang bertambah usia, kue ulang tahun memiliki makna yang cukup mendalam. Hingga saat ini, seseorang yang mengadakan pesta ulang tahun pasti akan menyediakan kue ulang tahun.

Namun, tahukah Anda asal muasal dari tren kue ulang tahun dalam pesta tersebut? Kue ulang tahun pertama kali dilakukan oleh budaya barat. Awalnya birthday cake disajikan dalam bentuk pastry atau makanan penutup untuk orang yang sedang berulang tahun.

Lilin yang berjumlah sesuai dengan umur orang yang berulang tahun juga menghiasi kue ulang tahun tersebut. Jadi, tak heran mengapa masih banyak dijumpai kue ulang tahun dengan hiasan lilin berupa angka dari usia orang yang berulang tahun sekarang ini.

Budaya membuat kue dengan hiasan lilin juga dijumpai pada kehidupan di masa Yunani Kuno. Pada masa itu, orang Yunani Kuno membuat sebuah kue berbentuk bulan sebagai persembahan kepada Artemis dan Dewi Bulan, Selene, setiap tahunnya.

Untuk lebih menampakkan kesan bersinar pada kue bulan, orang-orang Yunani Kuno memberikan hiasan berupa lilin. Jadi, bisa jadi sejarah kue ulang tahun berasal dari tradisi pada masa Yunani Kuno tersebut.

Di Indonesia sendiri, tradisi merayakan ulang tahun dengan menyediakan kue ulang tahun juga cukup populer dilakukan. Agar suasana menjadi lebih meriah, pesta ulang tahun juga identik dengan adanya balon. Dengan begitu, perayaan ulang tahun di Indonesia seringkali dilakukan dengan memberikan sebuah kue ulang tahun dan balon agar kegiatan tersebut menjadi lebih meriah.

Kue Ulang Tahun Selalu Ada di Pesta Ulang Tahun

Karena memiliki makna simbolis atas rasa syukur dari seseorang yang bertambah usia, kue ulang tahun hampir tidak pernah absen dari perayaan hari ulang tahun. Bahkan, tak sedikit orang yang berusaha membuat kue ulang tahun yang menarik dan mengeluarkan dana yang cukup besar. Oleh karenanya kue ulang tahun selalu ada pada pesta ulang tahun seseorang. 

Baca Juga: Ide Pesta Ulang Tahun Anak dengan Budget Hemat

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَاَ نُوْحٍۘ اِذْ قَالَ لِقَوْمِهٖ يٰقَوْمِ اِنْ كَانَ كَبُرَ عَلَيْكُمْ مَّقَامِيْ وَتَذْكِيْرِيْ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ فَعَلَى اللّٰهِ تَوَكَّلْتُ فَاَجْمِعُوْٓا اَمْرَكُمْ وَشُرَكَاۤءَكُمْ ثُمَّ لَا يَكُنْ اَمْرُكُمْ عَلَيْكُمْ غُمَّةً ثُمَّ اقْضُوْٓا اِلَيَّ وَلَا تُنْظِرُوْنِ
Dan bacakanlah kepada mereka berita penting (tentang) Nuh ketika (dia) berkata kepada kaumnya, “Wahai kaumku! Jika terasa berat bagimu aku tinggal (bersamamu) dan peringatanku dengan ayat-ayat Allah, maka kepada Allah aku bertawakal. Karena itu bulatkanlah keputusanmu dan kumpulkanlah sekutu-sekutumu (untuk membinasakanku), dan janganlah keputusanmu itu dirahasiakan. Kemudian bertindaklah terhadap diriku, dan janganlah kamu tunda lagi.

(QS. Yunus ayat 71)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement