Kamis 22 Aug 2019 19:17 WIB

Indonesia Gandeng Korea Riset Berbasis Teknologi Hijau

BPPT nantinya akan menerapkan teknologi hijau yang berujung kepada green economy.

Red: Dwi Murdaningsih
BPPT bekerja sama dengan GTC Korea meluncurkan Inisiatif Kemitraan Tecgnologi Hijau 2019 di Indonesia.
Foto: bppt
BPPT bekerja sama dengan GTC Korea meluncurkan Inisiatif Kemitraan Tecgnologi Hijau 2019 di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BPPT bersama Green Technology Center ( GTC) Korea meluncurkan Inisiatif Kemitraan Tecgnologi Hijau 2019 di Indonesia.Insiatif ini didukung  Kementerian Ilmu Pengetahuan dan TIK dan Yayasan Riset Nasional Korea.

Ketua BPPT Hammam Riza mengatakan Green Technology Partnership Initiative (GTPI) ingin melanjutkan peningkatan kemitraan multilateral, penelitian pengembangan dan demonstrasi (RD&D) mengenai proyek dan kebijakan berbasis teknologi hijau di bawah kerjasama multilateral.

Baca Juga

BPPT dan GTC menandatangani MoU untuk membentuk Green Technology Partnership (GTPI) pada 2018. GTPI memiliki visi seperti platform untuk kerjasama Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk pengembangan sscial daur ulang sumber daya Indonesia dengan menerapkan konsep ekonomi sirkular. Kerja sama ini akan berlangsung selama empat tahun.

GTPI memiliki misi untuk mempromosikan kerja sama multilateral tentang proyek dan kebijakan berbasis teknologi hijau untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, GTPI akan melakukan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan promosi dan pengembangan Teknologi Hijau di semua sektor.

"Teknologi yang kita terapkan itu nanti kerja sama antara Indonesia dan Korea. baik dari sisi pemerintahannya, institusi risetnya maupun bisnis yang semuanya mengacu para green economy," ucap Hammam.

GTPI memiliki tiga tujuan. Pertama, GTPI akan mengembangkan dirinya sebagai platform untuk kerjasama Sains dan Teknologi sebagai prioritas pertama. Kami bertujuan untuk mengembangkan GTPI sebagai platform inovasi terbuka di mana siapa saja dapat bergabung untuk menyelesaikan masalah sosial dengan teknologi iklim hijau.

Kami akan melakukan ini dalam rangka Kemitraan Swasta-Publik-Kemitraan melalui mana GTPI akan bekerja sama erta dengan berbagai pemangku kepentingan di tingkat lokal, nasioan dan internasional.

Kedua, GTPI akan berkontribusi pada pembangunan social daur ulang sumber daya Indonesia dengan menerapkan konsep ekonomi sirkular. GTPI akan mengambil bagian aktif dalam mempromosikan pendekatan regeneratif untuk pengelolaan limbah, di mana Pemerintah Indonesia juga memberikan penekanan khusus sebagai agenda penyelesaian masalah social Kami akan bekerja untuk meningkatkan pengelolaan limbah rendah karbon dan transisi dari limbah ke energy untuk membangun masyarakat yang berkelanjutan bersama.

Ketiga, GTPI akan memperluas cakupan kepentingannya di luar ekonomi lingkaran untuk memasukkan energy terbarukan, air berkelanjutan, pertanian cerdas iklim, dan daerah tahan bencana alam. "Dengan melakukan itu, saya percaya GTPI akan berkontribusi pada upaya global untuk mengatasi tantangan umum perubahan iklim yang kita semua hadapi," ucap dia.

Bentuk kolaborasi antara BPPT dan GTC mencakup tiga hal. Pertama, penelitian bersama dan proyek untuk mengembangkan penelitian dan kolaborasi proyek dalam beberapa topik seperti energi terbarukan, air murni, perikanan dan pertanian pintar. Kedua, pengetahuan dan sumber daya termasuk konferensi, seminar dan lokakarya. Konsultasi dan Publikasi dalam implementasi, perencanaan dan identifikasi kegiatan lebih lanjut untuk meningkatkan kolaborasi.

BPPT memiliki tugas melaksanakan tugas pemerintah di bidang penilaian dan implementsai teknologi. BPPT telah berhasil menghasilkan inovasi untuk mitigasi dan adptasi perubahan iklim seperti teknologi modifikasi cuaca, jaringan mikro, proyek percontohan pembangkit listrik biogas POME dan pembangkit listrik limbah menjadi energy adalah yang pertama di Indonesia.

BPPT akan mendukung kegiatan GTPI di Indonesia untuk mengembangkan teknologi ramah lingkungan. Dengan hadirnya GTPI, akan ada peningkatan penelitian dan pengembangan teknologi hijau dengan skema kemitraan antara Indonesia-Korea.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement