Senin 26 Aug 2019 07:33 WIB

Jalur KA Bandara YIA Ditargetkan Selesai 2020

Headway yang lebih pendek akan memudahkan penumpang untuk mencapai Yogyakarta.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda
Pesawat komersial Citilink dengan rute penerbangan HLP- YIA mendarat di Bandara YIA saat penerbangan perdana di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta, Senin (6/5).
Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Pesawat komersial Citilink dengan rute penerbangan HLP- YIA mendarat di Bandara YIA saat penerbangan perdana di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta, Senin (6/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan jalur kereta api (KA) Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) selesai pada 2020. Budi memastikan moda akan mengintensifkan moda transportasi kereta api menuju bandara baru tersebut agar aksesibilitas bertambah dan lebih mudah. 

"Dengan headway yang lebih pendek sehingga ada suatu kepastian bagi penumpang dari sini untuk mencapai Yogyakarta. Kereta Api akan difinalkan dari Bandara YIA ke Stasiun Kedundang kira-kira pada akhir 2020," kata Budi dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (25/8). 

Baca Juga

Pembangunan jalur KA menuju YIA akan dilakukan pada bulan Oktober 2019. Untuk tahap awal, kata Budi, jalur KA tersebut akan dibangun di daerah Stasiun Kedundang dan di sekitar area Bandara Internasional Yogyakarta. 

Stasiun Kedundang merupakan stasiun yang sudah lama tidak beroperasi yang berlokasi di antara Stasiun Tugu dan Stasiun Wojo. Stasiun tersebut nantinya akan menjadi persimpangan antara jalur KA menuju YIA dan menuju Stasiun Wojo.

"Nanti kita akan membuat jalur kereta api langsung sampai ke Bandara YIA. Stasiun Kedundang ini adalah persimpangannya,” tutur Budi. 

Dia memastikan jalur KA akan dibangun dengan sistem layang namun tingginya hanya sebatas tiga sampai enam meter. Pembangunan jalur KA langsung ke YIA akan memangkas waktu yang ditempuh masyarakat sehingga diharapkan bandara YIA dapat beroperasi dengan optimal.

“Jadi jika sekarang waktu tempuh dari stasiun tugu ke YIA dari stasiun Wojo 60 menit, karena harus menggunakan bus feeder menuju Bandara. Nantinya jika jalur KA sudah tersambung dari Bandara YIA sampai Stasiun Kedundang ini, waktu tempuhnya hanya 35 menit dengan headway 15 menit sekali,” jelas Budi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement