Senin 26 Aug 2019 21:28 WIB

Renovasi Stadion Manahan Selesai September

Renovasi Stadion Manahan Solo telah dimulai dari Agustus 2018.

Red: Israr Itah
Pekerja menyelesaikan proyek renovasi Stadion Manahan di Solo, Jawa Tengah, Jumat (2/8/2019).
Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Pekerja menyelesaikan proyek renovasi Stadion Manahan di Solo, Jawa Tengah, Jumat (2/8/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan pihaknya tengah menyelesaikan renovasi Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah. Stadion ini diperkirakan bakal rampung pada September 2019.

"Kami targetkan bisa rampung sesuai jadwal yakni bulan September 2019," kata Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (26/8).

Ia memaparkan bahwa renovasi Stadion Manahan Solo telah dimulai dari Agustus 2018. Saat ini tingkat kemajuannya sudah mencapai 96 persen. Menteri Basuki menugaskan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR untuk terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Solo.

Stadion Manahan memiliki kapasitas 20 ribu penonton, menggunakan kursi tunggal (single seat) yang dibangun agar dapat menjadi lapangan olah raga skala nasional dan internasional. Selain itu, ujar dia, biaya konstruksinya mencapai hingga sebesar Rp 301,33 miliar, yang dikerjakan oleh kontraktor PT Adhi Karya dan PT Penta Rekayasa (Kerjasama Operasi/KSO).

Pembangunan tribun penonton juga akan dihiasi motif batik Kawung sebagai ciri khas budaya Solo. Keunggulan lain yang akan dimiliki Stadion Manahan adalah kualitas rumput. Selain itu, lapangan di Stadion Manahan ditanami rumput berjenis Zoysia Japonica, sama dengan yang digunakan di Stadion Gelora Bung Karno yang memiliki keunggulan lebih hijau dan berakar kuat.

Selanjutnya, dikatakan pula bahwa stadion tersebut didukung drainase lapangan yang baik agar meskipun hujan, tidak terjadi genangan pada saat pertandingan. Stadion ini juga memiliki atap yang mengelilingi bangunan atas, yang membuat penonton aman dari hujan maupun cuaca panas, dengan sistem untuk pencahayaan akan menggunakan kualitas penerangan hingga 1.500 lux.

Stadion Manahan juga dilengkapi dengan papan skor elektronik dengan ukuran besar. Kemudian di ruang ganti pemain dilengkapi kolam berendam air panas untuk masing-masing tim.

Diharapkan pembangunan Stadion Manahan yang baru akan menjadi ikon baru Kota Solo serta ikut meningkatkan prestasi olahraga di Solo khususnya dan Indonesia pada umumnya. Sebelum direnovasi, sejumlah pertandingan berskala nasional kerap digelar di Stadion Manahan.

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement