Sabtu 31 Aug 2019 00:03 WIB

Sutradara Avengers: Endgame tak Sesali Ending Filmnya

Joe Russo tak menyesali satu hal pun tentang berakhirnya film itu.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Esthi Maharani
Avengers: Endgame
Foto: Disney/Marvel Studios via AP
Avengers: Endgame

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian penggemar mungkin merasa kecewa dengan akhir cerita film Avengers: Endgame. Akan tetapi, hal itu tidak dialami oleh sang sutradara, Joe Russo. Dia menyebut tak menyesali satu hal pun tentang berakhirnya film itu.

Dilansir di laman NME, Jumat (30/8),  Russo, yang menyutradarai film Marvel dengan saudaranya Anthony, mengatakan bahwa pasangan itu tidak akan mengubah apa pun tentang film itu. Termasuk pada bagian akhir yang membuat tokoh Tony Stark atau Iron Man harus mati.

"Jika kita menyesali sesuatu pada akhirnya, maka kita tidak melakukan pekerjaan kita dengan benar,” jelas Joe saat berbicara kepada Talks dengan pemirsa Google.

Dia menjelaskan, proses pembuatan film yang sekarang menjadi film terlaris sepanjang masa itu membutuhkan waktu satu tahun. Sehingga, sesuatu yang direkam pada dua bulan yang lalu, mereka bisa menonton tiga bulan kemudian di ruang edit.

Di ruang edit itulah, para kru film memutuskan segala sesuatu termasuk tidak menyukai hasilnya, tidak menyukai nadanya, dan tidak mengerti poinnya. Sehingga, ketika mereka merasa tak mendapatkan emosi yang benar, maka mereka akan melakukan syuting ulang.

Namun, Russo memang mengungkapkan bahwa perubahan telah dibuat pada akhir film yang  emosional yang menampikan kematian Tony Stark. Pengambilan gambar yang asli, menampilkan Iron Man tetap diam saat dia akan mati.  Akan tetapi Russo menjelaskan bahwa itu tidak sesuai dengan nada yang epik film tersebut.

“Kata fenomenal 'I am Iron Man' benar-benar diambil seperti dua bulan sebelum film ini diputar. Ini adalah proses yang sangat berulang dan satu-satunya batasan adalah berapa banyak tidur yang Anda butuhkan,” kata Joe menjelaskan.

Hal ini menjadikan Avengers: Endgame menjadi film terlaris tertinggi sepanjang masa. Sebab, film itu telah menghasilkan 2,23 miliar dollar Amerika Serikat di box office global. Angka itu menggeser rekor sebelumnya yang dipegang oleh Avatar, yang menjadi film terlaris sepanjang masa pada 2009 silam.

Sedangkan untuk masa depan MCU,  Marvel mengungkap fase penuhnya film Fase Empat. Fase Empat sendiri termasuk Black Widow, The Eternals, film Thor keempat dan banyak lagi. Mahershala Ali juga berperan sebagai Blade vampire hunter yang ikonik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement