Jumat 13 Sep 2019 09:12 WIB

Nanas Manis Banyak Dijual, Yuk Coba Tanam Sendiri!

Menanam nanas sebetulnya mudah saja.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah pekerja yang tergabung dalam Komunitas Tani Tunas Makmur saat beraktivitas di perkebunan nanas yang dikelola oleh masyarakat di Sei Pakning, Bukit Batu, Bengkalis, Riau, Rabu (11/9).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah pekerja yang tergabung dalam Komunitas Tani Tunas Makmur saat beraktivitas di perkebunan nanas yang dikelola oleh masyarakat di Sei Pakning, Bukit Batu, Bengkalis, Riau, Rabu (11/9).

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA — Nanas merupakan buah tropis yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang di seluruh dunia karena rasanya yang manis dan dapat memberikan sensasi segar. Namun, selama ini, kebanyakan orang hanya membeli, tanpa pernah mencoba menanamnya sendiri.

Dilansir laman BHG, banyak orang tidak mengetahui bahwa sebenarnya menumbuhkan tanaman yang menghasilkan buah nanas adalah hal yang mudah. Anda hanya memerlukan bagian atas nanas atau dikenal sebagai mahkota nanas (crown).

Jadi, saat Anda sudah memiliki buah nanas yang bisa didapatkan dari mana saja, ini saat yang tepat untuk menanamnya di rumah. Pertama, potong bagian atas nanas, kemudian pastikan semua daging buah telah dibersihkan dan batang nanas yang tersisa sudah dalam keadaan kering.

Kedua, agar batang nanas dapat berakar, sebagian orang memasukkannya ke dalam air. Namun, menurut sejumlah ahli, lebih baik membiarkannya kering dengan sendirinya selama satu atau dua hari sebelum ditanam.

Ketiga, lepaskan semua daun pada nanas dan keempat, mulai isi pot dengan tanah. selanjutnya, buat lubang yang cukup besar untuk bagian atas nanas dan tanam.

photo
Buah Nanas (ilustrasi)

Tropical Permaculture mengatakan, nanas yang ditanam tidak membutuhkan banyak air karena daunnya sangat keras. Alhasill, tanaman buah ini tidak mudah kehilangan banyak air karena penguapan.

“Nanas bisa bertahan dengan hanya sangat sedikit air,” ujar Tropical Permaculture.

Setelah ditanam, Anda mungkin harus menunggu cukup lama agar nanas tumbuh dengan sempurna. Jadi, bagi Anda yang melakukannya, sangat penting untuk bersabar.

“Secara umum, tanaman (nanas) siap untuk dipanen dalam 20 hingga 24 bulan setelah tanam,” ujar Departemen Pertanian dan Perikanan Queensland (DAF).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement