Sabtu 21 Sep 2019 17:35 WIB

Lomba Berfoto Meniru Pose Habibie Diadakan di Bandung

Sorot mata dan senyuman Habibie menggambarkan optimisme.

Rep: Priyantono Oemar / Red: Agus Yulianto
Para pemenang Lomba Berfoto Meniru Pose Habibie berfoto bersama ketua panitia, Wina Sumaryani (paling kiri)
Foto: Foto: Priyantono Oemar/Republika
Para pemenang Lomba Berfoto Meniru Pose Habibie berfoto bersama ketua panitia, Wina Sumaryani (paling kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Beberapa mahasiswa tengah asyik berpose memegang pesawat kertas. Secara bergantian mereka berpose dan memotret, di Bandung, Sabtu (21/9). Mereka sedang meniru pose Habibie yang sedang memegang pesawat kertas, yang viral minggu lalu setelah BJ Habibie wafat.

Mereka adalah para mahasiswa anggota Perhimpunan Mahasiswa Bandung (PMB). Habibie tercatat sebagai anggota PMB angkatan 1954. Semasa menjadi anggota muda, Habibie pindah ke Jerman. Lomba berfoto meniru pose Habibie ini, menurut Wina, diadakan untuk mengenang BJ Habibie yang telah meninggalkan bangsa Indonesia untuk selamanya.

"Sorot mata dan senyum Habibie di foto karya fotografer Republika itu menggambarkan optimisme. Itu yang harus kita tiru untuk selalu optimistis menjalani kehidupan," ujar Wina.

Selain lomba berfoto, di acara ulang tahun ke-30 PMB angkatan 1989 itu juga dilakukan aksi menerbangkan pesawat kertas untuk mengenang jasa-jasa presiden ke-3 Indonesia itu. Menurut Wina, meski ada pro-kontra tentang ketokohan Habibie, tapi banyak yanh mengakui selama menjadi presiden Habibie bisa menguatkan rupiah di mata dolar.

Di saat 1997-1998 terjadi puncak pengklauman kembali tznah oleh para petani, setelah menjadi presiden Habibie segera meresponsnya dengan membentuk tim evaluasi produk perundang-undangan yang terkait dengan reforma agraria. Habibie juga mebjamin kebebasan pers, dan terlebih, Habibie juga dikenal sebagai warga negara yang menjunjung keberagaman.

Para pemenang lomba mendapat hadiah vocer hotel dan buku tentang Habibie. Terpilih sebagai pemenang adalah Anwar anggota PMB 2019, Nadia Rahmawati anggota PMB 2009, dan Ahmad Mauludin anggota PMB 2018. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement