Rabu 25 Sep 2019 22:03 WIB

Guardiola Yakin Bernardo Silva tak Lakukan Kasus Rasialisme

Manajer Manchester City Josep Guardiola membela Bernardo Silva dari kecaman.

Red: Bayu Hermawan
Pep Guardiola
Foto: EPA-EFE/Friedemann Vogel
Pep Guardiola

REPUBLIKA.CO.ID, PRESTON -- Manajer Manchester City Josep Guardiola membela Bernardo Silva dari kecaman, setelah memposting cuitan bercanda kepada rekan setimnya Benjamin Mendy, yang dianggap melakukan pelecehan berbau rasialisme. Guardiola yakin, Silva tak menghina Mendy, bahkan keduanya merupakan sahabat.

Asosiasi Sepak Bola Inggris menyurati juara Liga Premier itu untuk menanyakan observasi mereka setelah Silva memposting foto di media sosial Minggu yang membandingkan Mendy dengan karakter paket coklat Conguitos. Organisasi anti-rasisme Kick It Out menyerukan badan pengelola sepak bola Inggris itu untuk mengambil tindakan.

Baca Juga

Guardiola ditanya mengenai pandangannya soal itu setelah timnya menang 3-0 pada Piala Liga atas klub divisi tiga Preston. Dia langsung membela Silva dari tuduhan itu dan menyatakan kedua pemain bersahabat baik.

"Sejujurnya, saya tak tahu apa yang terjadi tetapi mereka seharusnya fokus ke masalah lain," kata Guardiola.

"Mereka tak tahu orang yang mereka bahas. Bernardo adalah salah satu dari orang paling menyenangkan yang pernah saya temukan dalam kehidupan saya," ujarnya.

"Dia berbicara dalam empat atau lima bahasa, itu adalah cara terbaik untuk memahami betapa berpikiran terbukanya dia, dan salah seorang sahabatnya adalah Mendy. Dia sudah seperti saudaranya. Citra kedua pemain bukan soal warna kulit," jelasnya.

"Dia memasang foto Benjamin saat muda dan dia mengaitkannya dengan kartun ini, mirip memang, untuk citra itu," ucapnya.

Guardiola juga mempersilakan jika ada pihak yang ingin meminta penjelasan langsung kepada Silva. Menurutnya, menyamakan sesorang dengan tokoh kartun tertentu adalah hal yang biasa terjadi, namun bukan berarti hal itu adalah rasisme.

"Ada banyak situasi ketika orang kulit putih, orang kulit berwarna, dan Anda melihat kartun dan memang agak mirip dengan wajah Anda dan Anda memasangnya. Bukan soal itu," ujarnya.

"Saya kira tanggapan dari Mendy sudah jelas setelah kejadian itu. Itu candaan lama. Mungkin, yang sudah sering saya katakan, saran saya adalah jangan terlalu banyak gunakan media sosial. Itulah yang terjadi," katanya.

Silva dan Mendy sama-sama diturunkan saat juara bertahan Piala Liga itu menang di Deepdale. Ketiga gol dicetak Raheem Sterling, Gabriel Jesus dan gol bunuh diri Ryan Ledson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement