Kamis 03 Oct 2019 00:25 WIB

Fadel Muhammad Terpilih Jadi Pimpinan MPR dari Unsur DPD

Fadel terpilih setelah mengalahkan tiga calon Pimpinan MPR RI dan meraih 59 suara.

Red: Andi Nur Aminah
Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fadel Muhammad.
Foto: DPR RI
Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fadel Muhammad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Senator asal Provinsi Gorontalo Fadel Muhammad terpilih sebagai Pimpinan MPR dari unsur kelompok DPD RI. Fadel terpilih setelah memenangkan pemungutan suara atau voting dalam Sidang Pleno Kelompok DPD RI di MPR RI.

Fadel terpilih setelah mengalahkan tiga calon Pimpinan MPR RI dari unsur kelompok DPD RI yaitu GKR Hemas, Yorrys Raweyai, dan Dedi Iskandar. Dalam pemungutan suara tersebut, Fadel memperoleh 59 suara, GKR Hemas (46 suara), Yorrys Raweyai (16 suara), Dedi Iskandar (5 suara).

Baca Juga

Sebelumnya, Sidang Pleno Kelompok DPD RI di MPR RI pada Rabu (2/10) malam menyepakati dilakukan pemungutan suara atau "voting" untuk menentukan calon pimpinan MPR RI dari perwakilan DPD RI. "Karena mekanisme musyawarah mufakat dari masing-masing calon tidak terjadi, maka dilakukan pemungutan suara," kata Ketua Kelompok DPD RI di MPR RI, Instiawati Ayus dalam Sidang Pleno Kelompok DPD di Gedung Nusantara V, Jakarta.

Dalam mekanisme voting tersebut terdapat empat calon pimpinan MPR dari unsur kelompok DPD RI. Masing-masing adalah Dedi Iskandar (sub-wilayah Barat I), GKR Hemas (sub-wilayah Barat II), Fadel Muhammad (sub-wilayah Timur I), dan Yorrys Raweyai (sub-wilayah Timur II). Sebelum mekanisme voting itu dilakukan, empat calon pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI menyampaikan visi-misi apabila terpilih sebagai pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement