Jumat 04 Oct 2019 07:29 WIB

Dua Bendungan akan Dibangun di Ibu Kota Baru

Ketersediaan air baku untuk pengolahan air bersih menjadi prioritas utama.

Red: Ani Nursalikah
Foto aerial kawasan ibu kota negara baru di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
Foto aerial kawasan ibu kota negara baru di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, PENAJAM -- Sebanyak dua bendungan rencananya akan dibangun di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, untuk memenuhi kebutuhan air bersih di ibu kota negara baru. Presiden Joko Widodo mengumumkan ibu kota akan dipindahkan, yakni sebagian di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur.

Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara berdekatan dengan Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. "Pembangunan bendungan di wilayah Sepaku menjadi prioritas utama," kata Sekretaris Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Penajam Paser Utara, Hadi Saputro, Kamis (3/10).

Baca Juga

Ketersediaan air baku untuk pengolahan air bersih menjadi prioritas utama dengan dipindahkannya ibu kota dari Jakarta ke wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut Hadi, studi pengadaan tanah dan permukiman kembali (Land Acquisition and Resettlement/LARAP) pembangunan bendungan di wilayah Kecamatan Sepaku telah rampung. "Proses pembangunan bendungan di Kecamatan Sepaku sudah penyelesaian Studi LARAP, sekarang tahapan pembangunan bendungan menuju proses pembebasan lahan," ujarnya.

Bendungan tersebut memiliki kapasitas 5.000 liter per detik. Bendungan akan dibangun mulai 2020.

Area bendungan di Kecamatan Sepaku mencapai 386 hektare. Sebanyak 50 hektare titik bendungan dan 336 hektare genangan sehingga wilayah Desa Tengin Baru, Semoi II dan III, Wonosari serta Argomulyo masuk dalam proyek penyediaan air bersih itu.

Hadi mengatakan ada rencana pembangunan bendungan di wilayah konsesi PT ITCI Kartika Utama Kecamatan Sepaku, yang berdekatan dengan kawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Meratus Kabupaten Kutai Kartanegara. "Jika kedua bendungan itu terbangun ketersediaan air bersih bukan masalah lagi, dengan debit air yang cukup besar kebutuhan air bersih di ibu kota negara baru akan terjamin." ujar Hadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement