Senin 07 Oct 2019 20:33 WIB

TNI Tanam Mangrove di Pesisir Pantai Banten

4.500 pohon mangrove ditanam di Karangantu, Kasemen, Banten

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Penanaman mangrove
Foto: Dok Pos TNI AL Pangandaran
Penanaman mangrove

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Sebanyak 4.500 pohon mangrove ditanam jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Banten di Karangantu, Kasemen, Serang, Banten. Kegiatan ini dilakukan serentak oleh TNI di seluruh Indonesia dengan tema 'Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita' sebagai bentuk peringatan HUT ke-74 TNI.

"Alhamdulillah ada 4500 pohon Mangrove yang kita sediakan untuk ditanam di wilayah Provinsi Banten ini.  Setelah dilakukan penanaman, kita juga akan terus melakukan perawatan hingga bisa tumbuh seperti pohon-pohon lainnya," jelas Danlanal Banten Letkol Laut (P) Golkariansyah, dalam sambutannya membuka kegiatan penanaman mangrove, Senin (7/10).

Danlanal menyebut bahwa kegiatan penanaman mangrove ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan jumlah total pohon sebanyak 300.074 tepat pukul 09.00 WIB tadi. Sebanyak 364 personel yang terdiri dari TNI, Polri, BUMN, BUMD, Instansi Pemerintahan, Pelajar bahkan masyarakat setempat turut andil dalam penanaman mangrove.

Penanaman mangrove secara serentak dengan jumlah pohon tersebut diklaimnya mendapatkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (Muri). Menurutnya penanaman mangrove tidak lain bertujuan untuk menyelamatkan lingkungan dengan beragam manfaat dari keberadaan mangrove.

"Kita hidup hanya menumpang dengan anak cucu kita. Kalau bukan dari sekarang, kapan lagi kita selamatkan bumi ini. Apalagi untuk anak cucu kita kedepan,"terangnya.

Selain penanaman mangrove, dalam peringatan HUT TNI ini dilakukan juga kegiatan pemberian bantuan alat keselamatan bagi nelayan di Karangantu dan bantuan sembako untuk anak yatim-piatu.

Turut Hadir dalam kegiatan ini Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, PJU Polda Banten, Danrem 064/MY Kolonel Infantri Windiyatno, Komandan Gorda TNI AU dan Forkompinda Banten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement