Jumat 11 Oct 2019 05:37 WIB

Cara Simpel Lawan Kecanduan Junk Food

Meski kandungan nutrisinya buruk, junk food tetap saja banyak peminatnya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Junk food atau makanan tidak sehat. Ilustrasi
Foto: Greatist
Junk food atau makanan tidak sehat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski junk food memiliki nilai kalori rendah dan tidak baik untuk kesehatan, namun peminatnya tetap saja banyak. Aneka gorengan, ayam goreng, atau kentang goreng rasanya sayang untuk dilewatkan.

Lalu bagaimana cara melawan keinginan mengonsumsi junk food? Ahli nutrisi dr Leslie Korn mengungkap bahwa kismis dapat membantu melawan kecanduan junk food. Menurut dia, dengan mengonsumsi satu kismis setiap harinya maka bisa mengurangi hasrat untuk mengonsumsi junk food.

Baca Juga

"Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda harus memakan kismis dengan sangat lambat. Setidaknya mengunyah selama lima menit atau kurang," kata Korn dilansir Times of India.

Dia menjelaskan, mengunyah kismis secara perlahan membantu seseorang fokus memahami kebutuhan nutrisi tubuh. Dengan begitu, orang akan mampu menahan godaan junk food.

"Sama seperti mengendus minyak biji anggur dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Kismis atau anggur kering mengandung bahan kimia kuat yang memiliki kemampuan untuk mengekang keinginan Anda," kata dia.

Korn menjelaskan, kismis mengandung neurotransmitter yang dikenal sebagai GABA yang dapat menstabilkan nafsu makan. Kismis juga bisa menjadi camilan penurun berat badan yang baik karena kaya akan gula alami dan vitamin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement