Jumat 11 Oct 2019 19:00 WIB

Katarak Penyebab Kebutaan Tertinggi di Jatim

Angka kebutaan di Jawa Timur di atas rata-rata nasional.

Red: Ani Nursalikah
Dokter melakukan persiapan sebelum operasi katarak.
Foto: Republika/ Wihdan
Dokter melakukan persiapan sebelum operasi katarak.

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyatakan jumlah kebutaan di wilayahnya tergolong masih tinggi. Dia menambahkan, penyumbang tertinggi disebabkan penyakit katarak.

"Saat ini angka kebutaan di Jatim masih tinggi, masih di atas rata-rata nasional. Penyebab 80 persen kebutaan di Jatim karena katarak. Penyebabnya ini yang harus diatasi," ujar Gubernur Khofifah saat meninjau kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis di RSUD dr Soedono Kota Madiun dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-74 Provinsi Jatim, Jumat (11/10).

Baca Juga

Menurut dia, layanan operasi katarak gratis sudah sering dilakukan. Namun, ia ingin target Jawa Timur bebas katarak lebih maksimal dan cepat terwujud.

"Kegiatan ini dalam rangkaian HUT ke-74 Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini seiring dengan program Komite Mata Daerah (Komatda) yang minggu depan akan dilantik. Kita berharap pada 2023, Jawa Timur sudah bebas katarak," kata Khofifah.

Data Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mencatat penderita katarak di Jawa Timur mencapai 400 ribu orang. Penyebabnya antara lain karena paparan ultraviolet atau penyakit diabetes, hipertensi, dan faktor lain.

Adapun dalam kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis tersebut targetnya adalah 60 pasien. Total penderita katarak di RSUD dr Soedono Madiun mencapai 500 pasien. Sesuai informasi, kegiatan operasi katarak gratis di Jatim akan dilakukan di 10 titik rumah sakit sehingga ditargetkan terdapat 5.000 pasien yang dioperasi katarak selama 2019.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمٰتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ وَالْقٰنِتِيْنَ وَالْقٰنِتٰتِ وَالصّٰدِقِيْنَ وَالصّٰدِقٰتِ وَالصّٰبِرِيْنَ وَالصّٰبِرٰتِ وَالْخٰشِعِيْنَ وَالْخٰشِعٰتِ وَالْمُتَصَدِّقِيْنَ وَالْمُتَصَدِّقٰتِ وَالصَّاۤىِٕمِيْنَ وَالصّٰۤىِٕمٰتِ وَالْحٰفِظِيْنَ فُرُوْجَهُمْ وَالْحٰفِظٰتِ وَالذَّاكِرِيْنَ اللّٰهَ كَثِيْرًا وَّالذَّاكِرٰتِ اَعَدَّ اللّٰهُ لَهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا
Sungguh, laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.

(QS. Al-Ahzab ayat 35)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement