Rabu 16 Oct 2019 15:27 WIB

Alasan Timnas U-19 Pilih Cina Sebagai Lawan Uji Coba

Timnas U-19 Indonesia akan melakukan pertandingan uji coba melawan China.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bayu Hermawan
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Timnas Indonesia U-19 bakal menggelar laga uji coba melawan Timnas Cina U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Kamis (17/10). Uji coba tersebut sebagai persiapan menghadapi kualifikasi Piala AFC U-19 2020 di Stadion Gelora Bung Karno pada 6-10 Nover 2019. Indonesia tergabung di Group K bersama Korea Utara, Hongkong, dan Timor Leste.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini mengungkapkan alasan dipilihnya Cina U-19 sebagai lawan uji coba. Fakhri mengatakan, laga uji coba melawan Cina dimaksudkan untuk mengukur kekuatan Timnas yang berasal dari wilayah Asia Timur. Dimana di Group K, Indonesia akan menghadapi Korea Utara, yang berasal dari wilayah Indonesia Timur.

Baca Juga

"Kenapa Cina? Tentu karena selama ini Timnas Indonesia tidak pernah mendapat lawan dari Asia Timur. Sementara di Grup K, Indonesia bergabung edengan Korut. Cina bisa mewakili kekuatan Korut, paling tidak menambah kepercayaan diri pemain saat tampil nanti," ujar Fakhri saat menggelar konferensi pers di Verwood Hotel Surabaya, Rabu (16/10).

Pun Pelatih Tim Nasional (Timnas) China U-19, Yaodong Cheng, mengaku memilih tim nasional Indonesia sebagai lawan uji coba, karena dia ingin mendapat gambaran terkait kekuatan tim-tim di wilayah Asia Tenggara. Dimana pada kualifikasi AFC Cup U-19 tahun 2020 tersebut, Cina tergabung di Group I bersama Singapura, Myanmar, dan Korea Selatan.

"Untuk laga besok, sama dengan pelatih Indonesia, di grup kami bulan depan ada Myanmar dan Singapura yang dari Asia Tenggara. Itu sama areanya dengan Indonesia. Jadi diharapkan bisa mengambil pelajaran dari pertandingan persahabatan besok," ujar Yaodong Cheng.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement