Kamis 17 Oct 2019 08:27 WIB

Dua Tahun, Anies Fokus Revitalisasi Jalur Pedestrian

Revitalisasi pedestrian mengedepankan kesetaraan bagi seluruh lapisan masyarakat Jaka

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Pekerja menyelesaikan pemasang guiding block atau ubin pengarah bagi penyandang disabilitas di trotoar Bundaran HI, Jakarta, Jumat (11/10/2019).
Foto: Thoudy Badai
Pekerja menyelesaikan pemasang guiding block atau ubin pengarah bagi penyandang disabilitas di trotoar Bundaran HI, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen menghadirkan kenyamanan dan keselamatan bagi seluruh pejalan kaki (pedestrian) di Jakarta dengan pembangunan dan revitalisasi jalur pedestrian.

Dalam dua tahun pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, ia menegaskan pembangunan jalur pedestrian menjadikan pejalan kaki sebagai arus utama (mainstream). Revitalisasi pedestrian mengedepankan kesetaraan bagi seluruh lapisan masyarakat Jakarta, mulai dari anak-anak, ibu hamil, lansia, hingga para penyandang disabilitas.

"Kesetaraan tersebut tercermin dari tersedianya ramp (bidang miring), guiding block (paving kuning di trotoar), hingga pemuatan instalasi dan aktualisasi karya seni di ruang-ruang terbuka yang bisa dinikmati setiap warga dengan bebas," kata Anies, Selasa (15/10).

Revitalisasi trotoar telah dilakukan sepanjang 134 kilometer sejak 2017 hingga 2019. Angka ini ditargetkan akan terus meningkat pada tahun 2020, di mana telah disiapkan revitalisasi trotoar sepanjang 47 kilometer dengan anggaran optimal hingga Rp 1,1 triliun.

Salah satu hasil revitalisasi trotoar yang dijadikan percontohan adalah trotoar di Jalan Sudirman - MH. Thamrin yang direvitalisasi pada 2017-2018. Jalur pedestrian tersebut sudah didesain ramah bagi para penyandang disabilitas, termasuk adanya pelican crossing antar trotoar di sisi barat dan timur.

Revitalisasi trotoar di tahun ini diperluas ke lima wilayah kota administrasi di DKI Jakarta. Sebanyak 51 lokasi jalan di seluruh wilayah Jakarta yang mengalami revitalisasi trotoar dengan total anggaran sekitar 327 miliar rupiah, antara lain di Jalan KH. Wahid Hasyim dan Sudirman-Thamrin (Jakarta Pusat), Jalan Sisingamangaraja hingga Jalan Fatmawati (Jakarta Selatan), Kawasan Velodrome (Jakarta Timur), Jalan Daan Mogot (Jakarta Barat), Jalan Yos Sudarso, dan Jalan Pluit Selatan Raya (Jakarta Utara).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement