Kamis 17 Oct 2019 21:53 WIB

Timnas U-19 Kalahkan China, Fakhri: Hasil Bukan Tujuan Utama

Timnas U-19 mengalahkan China dengan skor 3-1 dalam laga persahabatan.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bayu Hermawan
Timnas Indonesia U-19 saat laga uji coba melawan China di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (17/10/2019).
Foto: Antara/Zabur Karuru
Timnas Indonesia U-19 saat laga uji coba melawan China di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (17/10/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Timnas Indonesia U-19 mampu mengalahkan China U-19 dengan skor 3-1 pada laga persahabatan yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Kamis (17/10) malam. Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Fakhri Husaini mengaku puas dengan hasil yang ditorehkan anak asuhnya. Namun demikian, kata Fakhri, pada pertandingan uji coba, hasil bukanlah yang utama.

"Pada pertandingan uji coba, kemenangan penting, tapi bukan itu tujuan utama kami. Semoga ini memuaskan banyak orang dan menjadi obat pelipur lara," ujar Fakhri seusai pertandingan.

Baca Juga

Fakhri mengatakan, meskipun pasukan Garuda Nusantara mampu menang debgan skor meyakinkan atas China, namun dirinya masih memiliki catatan dan kelemahan yang harus diperbaiki. Catatan dan kelemahan itu, kata Fakhri, akan menjadi bahan evaluasi untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya. Terutama menghadapi kualifikasi AFC Cup U-19 tahun 2020.

"Masih ada beberapa catatan dan kelemahan yang itu akan menjadi bahan evaluasi untuk kami perbaiki, menjelang kualifikasi AFC Cup U-19 tahun 2020," katanya.

Fakhri pun mengapresiasi anak asuhnya, mengingat tiga gol yang bersarang ke gawang China U-19, menurutnya melalui proses yang sangat bagus. Fakhri juga memuji anak asuhnya yang bisa cepat melakukan transisi dari menyerang ke bertahan, saat mereka kehilangan bola.

"Tiga gol yang terjadi melalui proses luar biasa. Karena memang mereka bekerja keras untuk menciptakan gol itu. Ini bukan sekedar tiga gol, tapi bagaimana kami bertahan dengan baik. Bagaimana transisi dari menyerang ke bertahan. Kami punya komunikasi bagus pada saat kehilangan bola," ujar Fakhri.

Timnas Indonesia U-19 besutan Fakhri Husaini akan menjalani kualifikasi AFC Cup U-19 tahun 2020 di Stadion Gelora Bung Karno pada 6-10 November 2019. Indonesia tergabung di Group K bersama Korea Utara, Hongkong, dan Timor Leste.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement