Jumat 18 Oct 2019 01:51 WIB

Fakhri Husaini Puji Tiga Gol Timnas U-19

Fakhri menilai tiga gol terjadi melalui proses luar biasa.

Red: Agung Sasongko
Fakhri Husaini
Foto: DOK PSSI
Fakhri Husaini

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia U-19 Fakhri Husaini memuji tiga gol yang dicetak anak asuhnya ke gawang kesebelasan U-19 China saat laga uji coba di Gelora Bung Tomo Surabaya, Kamis malam.

"Tiga gol yang terjadi melalui proses luar biasa. Anak-anak bekerja keras untuk menciptakan gol itu," ujarnya kepada wartawan usai pertandingan.

Baca Juga

Hingga berakhirnya pertandingan, tim U-19 Indonesia sukses menaklukkan China dengan skor 3-1.

Tiga gol Tim Garuda Muda diciptakan Amiruddin Bagus Kahfi menit ke-14, Muhammad Fajar Fathur Rahman menit ke-25 dan Alfeandra Dewangga Santosa menit ke-35, sedangkan satu gol China U-19 dicetak Qianglong Tao menit ke-64.

Menurutnya tiga gol itu telah melalui skema yang baik, yakni bagaimana transisi dari menyerang ke bertahan. Tim, kata dia, semakin mempunyai komunikasi bagus pada saat kehilangan bola, punya transisi dan komunikasi baik.

"Ada ribuan situasi, ada ribuan momentum yang bisa dievaluasi. Saya dari sisi pelatih ada banyak hal positif yang mereka buat," kata dia.

Mengenai beberapa peluang yang terbuang pada babak kedua, Fakhri tidak terlalu mempermasalahkan, sebab pemainnya memang masih muda yang membutuhkan lebih banyak pertandingan.

"Karena situasi di setiap laga berbeda. Bukan soal buang peluang tapi proses membuat peluang itu yang saya apresiasi. Peluang bisa terbuang pemain top dunia saja bisa membuang peluang. Mereka pemain muda akan terus belajar," ucapnya.

Kemenangan tersebut, lanjut Fakhri, menjadi modal penting bagi timnya untuk menyongsong kualifikasi AFC CUP 2020 pada tangal 6, 8, dan 10 November 2019. Pada kualifikasi tersebut, Timnas U-19 bakal bersaing dengan Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste di Grup K.

"Kemenangan ini memuaskan banyak orang menjadi obat pelipur lara. Masih ada beberapa catatan dan kelemahan ini akan menjadi bahan evaluasi untuk kami perbaiki menjelang kualifikasi AFC Cup," katanya.

Sementara itu, pemain Timnas U-19, Amiruddin Bagas Kahfa bersyukur atas kemenangan yang diraih dan mengatakan, ketiga gol merupakan buah kerja sama yang baik timnya.

"Alhamdulillah mendapat hasil baik. Semua gol berkat kerja sama tim yang baik. Kami akan belajar lagi untuk bisa bertahan dengan baik," kata dia.

Meski meraih kemenangan cukup telak atas China U-19, Bagas enggan berpuas diri dan menyatakan timnya akan tetap bekerja keras agar mendapatkan hasil lebih maksimal.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement