Rabu 23 Oct 2019 20:52 WIB

Gubernur Sumbar Harap Tito Maksimalkan Peran Daerah

Untuk menuju Indonesia Maju, potensi semua daerah di Indonesia dapat dimaksimalkan.

Rep: Febrian Fachri / Red: Agus Yulianto
Irwan Prayitno - Gubernur Sumatra Barat
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Irwan Prayitno - Gubernur Sumatra Barat

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyambut baik penujukan mantan Kapolri Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri di jajaran kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin untuk 2019-2024. Irwan berharap, Tito dapat melanjutkan program yang baik dari Mendagri sebelumnya Tjahjo Kumolo.

"Semoga Pak Tito Karnavian bisa meneruskan apa yang baik dikerjakan Mendagri sebelumnya," kata Irwan kepada Republika.co.id, Rabu (23/10).

Irwan juga menginginkan Tito dapat memaksimalkan peranan daerah untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih maju. Sebagai kepala daerah, dia berharap, Tito selalu membimbing setiap daerah dan memberi bimbingan agar potensi semua daerah di Indonesia dapat dimaksimalkan. 

Hal ini, kata dia, agar kekayaan yang dimiliki daerah-daerah di Indonesia, dapat mengguncang dunia internasional. "Saya harap Pak Tito bisa membawa peran daerah untuk Indonesia Maju melalui arahan dan bimbingan dari Mendagri," ujar Irwan.

Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan semua anggota Kabinet Indonesia Maju. Salah satunya adalah Tito Karnavian yang dipercaya menjadi Mendagri menggantikan Tjahjo Kumolo.

Tito merupakan lulusan angkatan polisi 1987. Pria asal Palembang Sumatera Selatan tersebut pernah meraih penghargaan Adhi Makayasa karena menjadi lulusan terbaik di angkatannya.

Dalam karirnya di korps Kepolisian RI, Tito dikenal sebagai ahli memberantas terorisme. Tito pernah menjabat Kepala Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror selama 2009-2010. Setelah, tiu Tito menjabat sebagai Kapolda Papua 2012-2014. 

Pada tahun 2015-2016, Tito menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Setelah itu Tito sempat menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. Terakhir sebelum menjadi Mendagri, Tito menjabat sebagai Kapolri sejak 2016 sampai 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement