Kamis 24 Oct 2019 17:55 WIB

Berolahraga Tanpa Pemanasan, Hati-Hati Cedera Mengintai

Cedera bisa diatasi dengan pemanasan, sering latihan fisik dan pola makan tepat

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Lari marathon (ilustrasi)
Lari marathon (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suka berolahraga tanpa pemanasan, hati-hati saja terhadap cedera olahraga (sport injury). Dokter Spesialis Orthopaedic OMNI Hospitals Bobby Nelwan mengatakan Olahraga lari memang memiliki dampak yang positif bagi tubuh, diantaranya menjaga kesehatan jantung, melatih otot, mencegah depresi, mencegah osteoporosis, diabetes, dan obesitas, namun dibalik sehatnya olahraga lari, tidak jarang cedera mengintai para pelari. 

Cedera yang sering dialami oleh para pelari adalah penebalan tendon yang diakibatkan oleh penggunaan otot secara berlebihan, nyeri pada lutut bagian depan, terkilir / keseleo dan otot tegang, cedera atau iritasi tendon Achilles yang berada di bagian belakang pergelangan kaki dan nyeri pada bagian tulang kering setelah berlari. Kebanyakan cedera olahraga atau lari timbul karena memaksakan kinerja otot dan tulang secara berlebihan. Tidak sedikit para pelari mengabaikan rasa nyeri pada kaki atau lututnya, yang merupakan alarm dari tubuh sebagai pencegahan cedera yang lebih lanjut.

Melakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelah olahraga, mengatur pola makan serta melakukan latihan fisik secara rutin dan benar, dapat menghindari cedera. “Jika mengalami cedera saat berolahraga lari, segera istirahatkan kaki yang cedera (Rest) selama 48 jam, kompres dengan es (Ice) di area yang sakit untuk mengurangi pembengkakan, lalu bisa gunakan elastic verband (Compression), dan jika berbaring letakan posisi kaki yang cederalebih tinggi 6 hingga 10 inci dari jantung (Elevate), atau para runner lebih mengenal teknik ini dengan istilah RICE”, ujar dia berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (24/10).

Terkait hal tersebut OMNI Hospitals sebagai official medical partner Electric Jakarta Marathon 2019 akan  memberikan edukasi kesehatan dan layanan kesehatan untuk para peserta lari saat race pack collection pada tanggal 24-26 Oktober 2019 di P7 Ballroom Kuningan City.

Sebagai peraih penghargaan Orthopaedic Service Provider of the Year dari Global Health & Travel Magazine tahun 2016 dan 2019, OMNI Hospitals secara khusus memberikan pemeriksaan kesehatan  berupa mini medical check-up dan konsultasi dokter, serta edukasi kepada pelari mengenai persiapan dalam mengikuti ajang ini untuk mencegah cedera saat berlari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement