Rabu 30 Oct 2019 17:52 WIB

Angkutan Pengumpan LRT Harus Mulai Disiapkan

LRT Jabodebek ditargetkan beroperasi pada 2021.

Rep: Antara/ Red: Indira Rezkisari
Progress Pembangunan LRT. Konstruksi LRT menunggu penyambungan di atas peremptan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2019).
Foto: Republika/ Wihdan
Progress Pembangunan LRT. Konstruksi LRT menunggu penyambungan di atas peremptan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Daerah serta Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) diminta menyiapkan angkutan pengumpan (feeder) yang bisa mengangkut masyarakat dari dan ke stasiun Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek. Persiapan angkutan pengumpan harus dilakukan sedari sekarang agar siap ketika LRT beroperasi.

“Sekarang mesti dipikirkan benar-benar pemda dan BPTJ bagaimana kesiapan angkutan lanjutan dari LRT itu,” kata Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno, Rabu (30/10).

Baca Juga

Djoko berpendapat upaya mengubah perilaku masyarakat untuk menggunakan transportasi umum tidak akan berdampak signifikan apabila angkutan penunjangnya kendaraan pribadi atau ojek. “Jangan sampai stasiunnya sudah bagus, turun stasiun ojek lagi,” katanya.

Sebagai contoh, lanjut dia di Stasiun Cisauk lintas Kereta Rel Listrik Serpong yang sudah baik penataannya ketimbang Stasiun Bojong Gede di lintas Bogor. Ia menilai masih ada dua tahun bagi pemda dan BPTJ untuk mempersiapkan akses serta sarana angkutan penumpang di tiap stasiun LRT.

“Sekarang ini mumpung LRT juga lagi disiapkan persinyalan dan stasiunnya. Pemda dengan BPTJ siapkan kendaraan penunjangnya sebelum pengoperasian nanti 2021,” katanya.

Kereta LRT Jabodebek telah hadir di Jakarta yang diproduksi oleh PT INKA dari Madiun, Jawa Timur, pada 12 Oktober lalu dan saat ini tengah dilakukan uji coba untuk lintas Cibubur hingga Ciracas. Namun uji publik kemungkinan baru bisa dilakukan akhir 2020 setelah konstruksi rampung.

Terkait perkembangan pembangunan prasarana LRT Jabodebek tahap I secara keseluruhan telah mencapai 60 persen. Sementara itu, untuk lintas pelayanan satu yakni Cawang-Cibubur, proyek ini telah mencapai 85,7 persen. Lintas pelayanan dua Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 56,1 persen dan lintas pelayanan tiga, yakni Cawang-Bekasi Timur, 59,5 persen.

LRT Jabodebek nantinya akan memiliki 14 stasiun. Stasiun-stasiun di lintas Cawang-Cibubur dan Cawang-Bekasi Timur rata-rata telah mencapai sekitar 85 persen sedangkan stasiun-stasiun di lintas Cawang-Cawang-Dukuh Atas mencapai sekitar 50 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement