Selasa 05 Nov 2019 17:33 WIB

Mahfud MD: Waspadai Propaganda OPM

Aparat sudah memiliki strategi jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Red: Teguh Firmansyah
Menkopolhukam Mahfud MD.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Menkopolhukam Mahfud MD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengingatkan agar semua pihak mewaspadai propaganda politik yang mungkin dimunculkan untuk membuat kekisruhan di Papua pada peringatan ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019. Aparat akan mengantisipasi ancaman tersebut.

"Hal itu menjadi perhatian bagi kita agar Papua berhati-hati secara politis karena dari segi keamanannya sudah standar. Secara politis itu maksudnya kadang-kadang dibangun opini-opini yang tidak-tidak padahal pada kenyataannya di lapangan tak benar, semua sudah kita antisipasi,” kata Mahfud, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (5/11).

Baca Juga

Menurut dia, aparat keamanan sudah menyiapkan strategi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada peringatan HUT OPM tersebut. Pendekatan keamanan yang dilakukan aparat akan sesuai standard operation procedure (SOP). "Semua sudah ada SOP-nya, kalau ada pelanggaran SOP akan ditindak termasuk jika dilakukan oleh internal aparat," kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Mahfud tidak membeberkan secara jelas langkah-langkah yang dilakukan oleh aparat untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan. Langkah itu bersifat rahasia. "Tentu rahasia yah, kalau langkah per langkah diberikan ke pers kan tidak boleh," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement