Rabu 06 Nov 2019 19:54 WIB

Sebut Rekayasa Kasus, Politikus PDIP Polisikan Novel

Politikus PDIP Dewi Tanjung menilai Novel Baswedan merekayasa kasus air keras.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Muhammad Hafil
Novel Baswedan
Novel Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Politikus PDIP Dewi Tanjung melaporkan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penyebaran berita bohong terkait insiden penyiraman air keras. Dewi menilai, insiden terhadap Novel itu tidak masuk akal dan ada beberapa hal yang janggal.  

"Saya melaporkan Novel Baswedan penyidik KPK terkait dugaan rekayasa kasus penyiraman air keras. Ada beberapa hal yang janggal dari semua hal yang dialami dari rekaman CCTV dia, dari bentuk luka, dari perban, kepala yang diperban, tapi tiba-tiba mata yang buta gitu kan," kata Dewi usai membuat laporan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (6/11).

Baca Juga

Dewi menduga, insiden penyiraman air keras itu telah direkayasa. Alasannya, sambung dia, reaksi yang terjadi terhadap Novel seusai penyiraman itu tidak sewajarnya korban yang terkena siraman air keras.

"Orang kalau sakit itu tersiram air panas reaksinya tidak berdiri, tapi akan terduduk, jatuh terguling-guling itu yang saya pelajari dan tidak ada di situ (dalam video) reaksi dia membawa air untuk disiramkan, pertolongan pertama air. Karena untuk menetralkan kembali air keras itu," katanya.

Selain itu, Dewi juga mencurigai luka yang didapat Novel pascapenyiraman air keras tersebut. Pasalnya, Novel hanya mengalami luka di bagian mata, sedangkan tidak terlihat dampak air keras pada kulit Novel.

Di sisi lain, lanjut dia, ketika berada di rumah sakit, mata Novel tidak diperban, tapi hanya wajahnya yang diperban. "Faktanya kulit Novel kan enggak apa-apa, hanya matanya. Yang lucunya kenapa hanya matanya, sedangkan kelopaknya ini ya semua tidak (rusak)," ujar Dewi.

Oleh karena itu, ia meminta agar tim dokter independen dari Indonesia dapat mengecek kembali kebenaran luka yang diderita Novel. Alasannya, ia meragukan hasil rekam medis Novel yang dikeluarkan oleh tim dokter dari rumah sakit di Singapura.

Ia juga berharap agar pihak kepolisian segera mengungkap kebenaran kasus penyiraman air keras tersebut.

"Saya ingin kebenaran saja, keyakinan saya ingin buka fakta kebenaran dan ini semua demi kebaikan rakyat," kata Dewi.

Dewi menjelaskan, ia membuat laporan itu atas dasar inisiatif sendiri. Ia mengaku tidak ada pengaruh dari partai tempatnya meniti karier sebagai politikus. "Ini di luar partai. Ini inisiatif saya sendiri," tutur dia. 

Laporan tersebut telah terdaftar dengan nomor LP/7171/XI/2019/PMJ/Dit. Krimsus. Dalam laporannya, Dewi turut membawa sejumlah barang bukti. Di antaranya, rekaman video Novel saat berada di rumah sakit di Singapura, rekaman kejadian penyiraman, serta rekaman saat Novel keluar dari rumah sakit.

Dewi Tanjung merupakan politikus PDIP maju sebagai caleg DPR pada Pemilu 2019. Dia mendapat nomor urut 6 dan bertempur di daerah pemilihan Jawa Barat 5 yang meliputi Kabupaten Bogor. Namun, Dewi gagal lolos ke Senayan.

Pada Mei 2019 lalu, Dewi juga melaporkan Amien Rais, Habib Rizieq, dan Bachtiar Nasir ke Polda Metro Jaya. Mereka dilaporkan Dewi atas dugaan makar terkait ajakan people power.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement