Selasa 12 Nov 2019 05:01 WIB

Waspadai Gejala Diabetes Tipe 2 Ini

ada tahap lanjut, diabetes melitus bisa menimbulkan komplikasi penyakit.

Red: Ani Nursalikah
Pria melakukan pengetesan kadar gula darah atau diabetes.
Foto: EPA
Pria melakukan pengetesan kadar gula darah atau diabetes.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Guru besar ilmu penyakit dalam Universitas Andalas (Unand) Prof. Eva Decroli mengingatkan masyarakat mewaspadai gejala diabetes melitus tipe 2 sehingga bisa dilakukan upaya pencegahan lebih dini.

"Bila ada keluhan berupa sering kencing, haus-haus, sering merasa lapar dan penurunan berat badan tanpa penyebab yang jelas perlu dicurigai sebagai gejala diabetes melitus tipe 2," kata dia di Padang, Senin (11/11).

Baca Juga

Ia menyampaikan hal itu pada orasi ilmiah pengukuhan guru besar tetap bidang Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Unand dengan judul Optimalisasi Upaya Preventif dan Promotif Menghadapi Ancaman Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia pada Era Revolusi Industri 4.0. Menurut dia, diagnosis diabetes melitus tipe 2 ditegaskan berdasarkan pemeriksaan kadar glukosa darah.

Eva menjelaskan diabetes melitus terdiri atas empat jenis, yaitu DM tipe 1, DM tipe 2, DM tipe spesifik dan DM pada kehamilan. Diabetes melitus tipe 2 atau lebih dikenal dengan penyakit kencing manis terjadi akibat meningkatnya kadar gula darah secara berlebihan dalam tubuh.

"Penyakit ini terjadi karena berkurangnya fungsi sel pankreas dan resistensi insulin," kata dia.

Ia memaparkan, ketika tubuh tidak mampu lagi memproduksi cukup insulin guna mengompensasi peningkatan resistensi insulin maka toleransi glukosa terganggu dan gula puasa terganggu. Dalam perjalanannya, diabetes melitus tipe 2 selalu diawali dengan prediabetes, yaitu faktor risiko mulai dari obesitas, riwayat keluarga dan pertambahan usia.

"Pada tahap lanjut, diabetes melitus bisa menimbulkan komplikasi penyakit seperti jantung diabetik, ginjal diabetik, mata diabetik, hati diabetik, pembuluh darah otak diabetik, kaki diabetik hingga disfungsi ereksi," katanya.

Menurutnya, diabetes melitus tipe 2 merupakan penyakit ancaman manusia pada abad 21. Berdasarkan data WHO, pada 2000 jumlah penderita di atas usia 20 tahun berjumlah 150 juta, namun pada 2025 akan membengkak jadi 300 juta orang dan pada 2030 diperkirakan mencapai 439 juta orang.

"Di Indonesia biaya kesehatan terbesar tersedot pada penanganan penyakit jantung, gagal ginjal dan strok yang semuanya didasari adanya diabetes melitus tipe 2 sebelumnya," kata dia.

Untuk pencegahan dapat dilakukan dengan memperbaiki gaya hidup, meningkatkan aktivitas fisik, melakukan pemeriksaan gula darah hingga mengoptimalkan telepon pintar sebagai sarana informasi bagi pasien diabetes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement