Kamis 21 Nov 2019 18:47 WIB

Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden Disabilitas Pertama

Angkie Yudistia perjuangkan disabilitas agar tak jadi minoritas.

Rep: Desy Suciati Saputri/ Red: Indira Rezkisari
Staf khusus Presiden Jokowi, Angkie Yudistia.
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Staf khusus Presiden Jokowi, Angkie Yudistia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan nama-nama staf khusus Presiden yang akan membantunya di pemerintahan Kabinet Indonesia Maju selama lima tahun ke depan. Dari 14 nama staf khusus presiden yang dikenalkan pada sore ini, tujuh di antaranya merupakan perwakilan dari anak muda Indonesia.

Salah satu dari mereka yakni Angkie Yudistia, pendiri Thisable Enterprise. Perempuan berkerudung berusia 32 tahun ini merupakan anak muda penyandang disabilitas pertama yang diangkat oleh Presiden sebagai staf khususnya.

Baca Juga

"Angkie adalah anak muda penyandang disabilitas yang aktif bergerak di sociopreneur melalui Thisable Enterprise, aktif sebagai anggota Asia Pacific Deaf Person," kata Jokowi saat memperkenalkan nama-nama staf khususnya.

Dengan rekam jejak Angkie, Presiden pun menunjuknya untuk menjadi juru bicara bidang sosial. Saat memperkenalkan diri, Angkie berharap dirinya dapat menjadi perwakilan untuk menyuarakan kalangan disabilitas di seluruh Indonesia.

"The one and only women with disability perempuan berkebutuhan khusus di tengah-tengah diberikan kesempatan terbaik oleh bapak Presiden berdiri di sini menyuarakan 21 jiwa disabilitas di seluruh Indonesia," kata Angkie.

Kehadirannya di pemerintahan ini diharapkan dapat semakin membangun kesadaran masyarakat bahwa kalangan disabilitas mampu setara dengan yang lainnya. Ia juga ingin, Indonesia dapat menjadi negara yang semakin ramah terhadap penyandang disabilitas.

"Sudah waktunya disabilitas bukan kelompok minoritas tetapi kita dianggap setara. Membentuk lingkungan inklusi dengan melalui staf khusus presiden," ujar Angkie.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنْ ذُكِّرَ بِاٰيٰتِ رَبِّهٖ فَاَعْرَضَ عَنْهَا وَنَسِيَ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُۗ اِنَّا جَعَلْنَا عَلٰى قُلُوْبِهِمْ اَكِنَّةً اَنْ يَّفْقَهُوْهُ وَفِيْٓ اٰذَانِهِمْ وَقْرًاۗ وَاِنْ تَدْعُهُمْ اِلَى الْهُدٰى فَلَنْ يَّهْتَدُوْٓا اِذًا اَبَدًا
Dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya, lalu dia berpaling darinya dan melupakan apa yang telah dikerjakan oleh kedua tangannya? Sungguh, Kami telah menjadikan hati mereka tertutup, (sehingga mereka tidak) memahaminya, dan (Kami letakkan pula) sumbatan di telinga mereka. Kendatipun engkau (Muhammad) menyeru mereka kepada petunjuk, niscaya mereka tidak akan mendapat petunjuk untuk selama-lamanya.

(QS. Al-Kahf ayat 57)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement