Jumat 15 Nov 2019 23:57 WIB

Seniman Tionghoa dan Betawi Ramaikan Festival Pecinan Batavia 2019

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menyelenggarakan Pagelaran Pecinan Batavia 2019 di Taman Fatahillah, kawasan Kota Tua, Sabtu (16/11).

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Foto: Ashar/Ceknricek.com
Foto: Ashar/Ceknricek.com

CEKNRICEK.COM -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menyelenggarakan Pagelaran Pecinan Batavia 2019 di Taman Fatahillah, kawasan Kota Tua, Sabtu (16/11).

"Pagelaran itu menyaksikan keberagaman yang harmonis serta kolaborasi antara Budaya Tionghoa dan Betawi," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disparbud DKI Jakarta, Alberto Ali, dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (15/11).

Pagelaran Pecinan Batavia 2019 tidak lepas dari sejarah kuat keberadaan etnis Tionghoa di Tanah Batavia atau Jakarta.

Alberto mengatakan Jakarta dikenal sebagai melting pot atau tempat meleburnya berbagai budaya seperti Tionghoa, Arab, India, Portugis, Melayu, Jawa, dan lainnya. Kedatangan para pendatang di Batavia meninggalkan jejak dalam peta budaya Jakarta.

Foto: Ashar/Ceknricek.com

"Pagelaran Pecinan Batavia 2019 dipersembahkan untuk masyarakat memperkaya pengetahuan, wawasan seni dan Budaya Tionghoa," kata Alberto.

Baca Juga: Festival Teater Jakarta 2019 Digelar di Taman Ismail Marzuki

Dalam kegiatan ini Disparbud DKI Jakarta menggandeng sejumlah seniman dan komunitas Tionghoa maupun Betawi. Pagelaran Pecinan Batavia 2019 akan menampilkan drama kolosal yang bercerita tentang etnis Tionghoa dalam kehidupan sehari-hari di Batavia yang dibesut oleh sutradara seniman Betawi Atien Kisam.

"Melalui pergelaran ini, kita dapat melihat bahwa orang-orang dahulu berjuang untuk satu tujuan yaitu Indonesia," kata Atien.

Foto: Ashar/Ceknricek.com

Pengunjung juga akan disuguhi arsitektur bergaya Tionghoa melalui pementasan drama serta keindahan bangunan tua, pasar toko-toko atau kedai-kedai di Pecinan.

Pergelaran Pecinan Batavia 2019 juga didukung oleh penyanyi Rani Pancarani yang kerap tampil membawakan lagu-lagu Mandarin.

Selain melestarikan kebudayaan Tionghoa di Batavia, Pergelaran Pecinan Batavia 2019 juga untuk meningkatkan potensi destinasi pariwisata di Jakarta.

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: Farid R Iskandar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement