Sabtu 30 Nov 2019 02:17 WIB

Polri Imbau Warga Papua Fokus Ibadah Minggu pada 1 Desember

Polri mengharapkan tidak ada perayaan HUT OPM pada 1 Desember.

Red: Andri Saubani
Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra
Foto: Republika TV/Wibisono
Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Polisi Asep Adi Saputra mengimbau agar warga Papua fokus melaksanakan ibadah Minggu pada 1 Desember 2019 mendatang. Dengan demikian, diharapkan tidak ada kelompok massa yang akan turun ke jalan untuk merayakan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada 1 Desember.

"Tanggal 1 Desember itu bertepatan dengan hari Minggu, di mana pada hari Minggu itu ada kegiatan rutin kaum Nasrani di Papua melaksanakan ibadah. Pemerintah Daerah terus menggelorakan semangat ibadah ini sehingga tanggal 1 Desember itu semuanya fokus untuk ibadah rutin Minggu," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (29/11).

Situasi di Papua, kata Asep, hingga saat ini aman dan kondusif. Jelang 1 Desember, TNI-Polri dan pemda setempat terus mensosialisasikan imbauan dan menggelar patroli rutin untuk menjaga situasi di Papua tetap kondusif.

Selain terus memantau keamanan di lapangan, Polri juga memantau percakapan warganet di media sosial. Polri tidak memperbolehkan adanya aksi massa atau pun perayaan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019 mendatang.

"Kapolda Papua sudah menyampaikan tidak ada kegiatan-kegiatan yang bersifat perayaan," kata Asep.

Tidak diberikannya izin tersebut merupakan langkah dari Polri untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang dapat merugikan masyarakat.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَتَرَى الشَّمْسَ اِذَا طَلَعَتْ تَّزَاوَرُ عَنْ كَهْفِهِمْ ذَاتَ الْيَمِيْنِ وَاِذَا غَرَبَتْ تَّقْرِضُهُمْ ذَاتَ الشِّمَالِ وَهُمْ فِيْ فَجْوَةٍ مِّنْهُۗ ذٰلِكَ مِنْ اٰيٰتِ اللّٰهِ ۗمَنْ يَّهْدِ اللّٰهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ وَمَنْ يُّضْلِلْ فَلَنْ تَجِدَ لَهٗ وَلِيًّا مُّرْشِدًا ࣖ
Dan engkau akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan apabila matahari itu terbenam, menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas di dalam (gua) itu. Itulah sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. Barangsiapa diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa disesatkan-Nya, maka engkau tidak akan mendapatkan seorang penolong yang dapat memberi petunjuk kepadanya.

(QS. Al-Kahf ayat 17)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement