Rabu 04 Dec 2019 13:32 WIB

Dinkes Tangerang Gencarkan 3 Zero Pencegahan HIV-AIDS

Semua Puskesmas secara serentak akan melakukan gerakan 3 Zero HIV-AIDS.

Red: Andi Nur Aminah
Seorang warga melakukan cek VCT atau tes HIV/AIDS dalam rangka peringatan Hari Aids Sedunia (ilustrasi)
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Seorang warga melakukan cek VCT atau tes HIV/AIDS dalam rangka peringatan Hari Aids Sedunia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggencarkan gerakan 3 zero, yakni zero infeksi baru, zero kematian dan zero stigma dan diskriminasi. 3 Zero ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran semua orang terhadap penyakit AIDS yang disebabkan oleh virus HIV.

“Semua Puskesmas secara serentak melakukan gerakan yang sama. Melalui pencegahan penularan HIV, meningkatkan pengobatan HIV, retensi pengobatan, kualitas hidup ODHA, mitigasi dampak sosial ekonomi pada individu, keluarga dan masyarakat,” ucap Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi di Tangerang, Rabu (3/12).

Baca Juga

Lebih lanjut, ia menjelaskan, setiap Puskesmas memiliki program 3 Zero yang sudah berjalan selama ini secara rutin. HIV/AIDS menjadi salah satu penyakit yang cukup menjadi perhatian Pemerintah Kota Tangerang. Karena itu sosialisasi digencarka seperti melakukan pendekatan hingga door to door.

“3 Zero tak hanya sebuah program yang gencar dilakukan petugas kesehatan. Namun, di hari AIDS sedunia ini, 3 Zero juga harus menjadi perhatian semua masyarakat Kota Tangerang, sehingga semua pihak saling menjaga,” tegasnya.

Diketahui, seminggu ke depan sejumlah Puskesmas akan menggelar acara Hari AIDS Sedunia, yang bisa diikuti seluruh warga Kota Tangerang. "Kami harapkan partisipasi masyarakat untuk bisa mengikutinya dan menjadi bagian dari mewujudkan kota dan masyarakat yang sehat," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement