Ahad 08 Dec 2019 08:00 WIB

Indra Sjafri Sebut Timnas U-22 Miliki Mental Juara

Timnas sepakbola Indonesia U-22 lolos ke final SEA Games 2019.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Nidia Zuraya
Pelatih Timnas U-23 Indra Sjafrie di Jakarta, Rabu (6/11).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih Timnas U-23 Indra Sjafrie di Jakarta, Rabu (6/11).

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Kelolosan cabang olahraga sepakbola Indonesia ke final SEA Games 2019, masih hangat dibicarakan. Sebuah perjalanan panjang dan berat.

Setelah lolos dari penyisihan grup sebagai runner up Grup B, pasukan Garuda menghadapi juara Grup A, Myanmar. Duel kedua tim pada babak empat besar berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Sabtu (7/12) petang.

Baca Juga

Sempat unggul 2-0 melalui gol Evan Dimas menit ke-58, dan Egy Maulana Vikri (71), skuat polesan Indra Sjafri kecolongan dalam 11 menit terakhir. Myanmar hanya butuh dua menit untuk menyamakan kedudukan.

Tepatnya melalui Aung Kuang Mann (79), dan Win Naing Tun (80). Beruntung pada perpanjangan waktu, Indonesia bisa menambah dua lagi, lewat Osvaldo Haay (101), dan Evan Dimas (114).

Indra menilai apa pun bisa terjadi dalam sepakbola. Dinamika ini, menurutnya menguntungkan Indonesia.

"Mungkin Tuhan sudah mentakdirkan jalan medali emas tuh seperti ini. Mental juara kita kelihatan di sini. Dari 2-0 jadi 2-2, kalo tim gak solid, gapunya mental juara, itu gak mungkin dia bangkit," kata juru taktik berusia 56 tahun ini.

Oleh karenanya Indra mengharapkan dukungan maksimal dari seluruh penjuru nusantara. Minimal mengirimkan doa demi keberhasilan timnya di final nanti.

Pada partai puncak, Indonesia U-22 menghadapi Vietnam U-22. Sebelumnya pada semifinal kedua di arena yang sama, Vietnam membantai Kamboja, empat gol tanpa balas.

Pada kesempatan serupa, Indra menyebut kualitas sepakbola di Asia Tenggara sudah berkembang pesat. Semua tim, menurutnya mengalami peningkatan kualitas.

"Tentu ini sangat membanggakan, mudah-mudahan, banyak pemain bintang, lahir dari sini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement