Selasa 10 Dec 2019 01:01 WIB

Seekor Orangutan Dilepasliarkan di Cagar Alam Sibual-Buali

Orangutan seberat 46 kg tersebut sempat menjalani masa rehabilitasi.

Red: Israr Itah
Orangutan (ilustrasi). Seekor orangutan dilepasliarkan di Cagar Alam Sibual-Buali, Tapanuli Selatan, Sumatra Utara.
Foto: ANTARA/Septianda Perdana
Orangutan (ilustrasi). Seekor orangutan dilepasliarkan di Cagar Alam Sibual-Buali, Tapanuli Selatan, Sumatra Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, TAPSEL -- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatra Utara melepasliaran seekor Orangutan Tapanuli (Pongo Tapanuliensis) yang usianya diperkirakan 40 tahun. Pelepasliaran orangutan berjenis kelamin jantan yang dinamai Paya ini dilakukan di Kawasan Hutan Konservasi Cagar Alam Sibual-buali Desa Sumuran, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Senin (9/12).

Orangutan seberat 46 kg tersebut sempat menjalani masa rehabilitasi di Pusat Karantina Orangutan Batu Mbelin Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. "Orangutan itu dirawat setelah KSDA Wilayah III Padangsimpuan melakukan identifikasi bersama Tim HOCRU (Human Orangutan Conflict Response Unit) YOSL-OIC (19/9). Selanjutnya Orangutan Tapanuli itu dibawa ke Pusat Rehabilitasi Otangutan Sumatera (PKOS) SOCP di bawah perawatan tim dokter hewan Andika Pandu," jelas Kepala BBKSDA Sumut dr Hotmauli Sianturi.

Baca Juga

Evakuasi dilakukan setelah sehari sebelumnya Tim mendapatkan laporan masyarakat Aek Batang Paya Kecamatan Sipirok (18/9) yang menemukan satu individu orangutan terluka.

"Orangutan Paya mengalami luka di daerah frontal (tulang dahi) dana pangkal lengan bagian bawah (axilla) dan tulang cranium (kepala) akibat sesuatu benda ini sempat dirawat medis sekitar dua bulan," katanya.

Menjawab pertanyaan seberapa jauh urgensi orangutan terhadap eksoistem, dr Hotmauli Sianturi mengatakan sangat penting karena peran orangutan inilah yang membuat hutan ini ada.

"Karena banyak yang tidak menyadari orangutan inilah yang menyebarluaskan bibit-bibit yang ada di hutan yang menjaga keseimbangan ekositem khususnya di bentang hutan Batang Toru," terangnya.

BBKSDA berharap ke depan konservasi satwa liar termasuk orangutan bisa lebih terjaga. Dia mengatakan pembangunan sah-sah saja tetapi kelestarian ekosistem harus terjaga demi keberlangsungan kehidupan ke depan.

Disinggung individu orangutan yang sudah dilepasliarkan oleh BBKSDA Sumut, Hotmauli mengemukakan untuk daerah Tapanuli baru kali ini setelah pelepasliaran orangutan di daerah Dairi dan daerah TNGL.

Selain pihak BBKSDA Sumut, KSDA Wilayah III Padangsidimpuan turut dalam pelepasliaran orangutan ini Camat Kecamatan Sipirok Sardin Hasibuan dan sejumlah media cetak, online dan elektronik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement