Selasa 10 Dec 2019 07:12 WIB

CdM Harap Atlet Indonesia Maksimalkan Peluang Emas Tersisa

Ada beberapa cabang yang diharapkan tampil maksimal demi emas SEA Games.

Red: Israr Itah
Cdm Indonesia untuk SEA Games 2019 Harry Warganegara berharap para atlet maksimalkan peluang emas tersisa.
Foto: Inasgoc
Cdm Indonesia untuk SEA Games 2019 Harry Warganegara berharap para atlet maksimalkan peluang emas tersisa.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Komandan kontingen (CdM) Indonesia Harry Warganegara berharap tim yang dipimpinnya tetap ikut memperebutkan medali emas tersisa di SEA Games 2019. Ini demi mengatrol posisi pada klasemen medali kejuaraan dua tahunan itu.

"Kita masih peluang untuk rebut medali emas. Ada sekitar tujuh emas proyeksinya," kata Harry Warganegara saat dikonfirmasi di Metro Manila, Senin (9/12).

Baca Juga

Menurut dia, ada beberapa cabang yang diharapkan tampil maksimal demi emas SEA Games, di antaranya sepak bola, bola voli putra, hingga cabang bela diri. Namun, ia menyadari lawan juga berusaha mengejar emas yang sama.

Indonesia tergeser ke posisi empat setelah beberapa hari menempati peringkat kedua. Filipina menempati posisi pertama dengan raihan 135 emas, 103 perak dan 105 perunggu dan kini peringkat dua ditempati Thailand dengan 84 emas, 91 perak dan 102 perunggu.

Setelah Thailand ada Vietnam dengan raihan 80 emas, 78 perak dan 95 perunggu. Indonesia berada di peringkat empat dengan raihan 70 emas, 78 perak dan 99 perunggu. Jika melihat peluang emas, posisi Indonesia bakal sulit kembali ke posisi dua.

Meski saat ini di posisi empat, kontingen Indonesia sudah memenuhi target yang dicanangkan oleh Menpora Zainudin Amali, Komite Olimpiade Indonesia (KOI), hingga Presiden Joko Widodo yang mengharapkan Indonesia mendapatkan 60 medali. Hanya satu target yang kemungkinan tidak tercapai yaitu finis di posisi dua.

"Pokoknya kami akan terus berusaha memaksimalkan peluang yang ada. Harapan kami, atlet yang masuk final meraih hasil terbaik," kata Harry menambahkan.

Jikapun Indonesia tidak mampu finis kedua, ada satu cabang yang diharapkan merebut medali emas untuk menghapus kekecewaan, yakni sepak bola. Pada laga final Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam di Rizal Memorial Stadium, Manila, Selasa (10/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement