Selasa 17 Dec 2019 09:08 WIB

Astronom Klaim Temukan Galaksi Terjauh dari Bumi

Galaksi terjauh ditemukan dengan instrumen ALMA.

Rep: Febryan A/ Red: Dwi Murdaningsih
Astronom menemukan galaksi terjauh dengan instrumen ALMA. Foto: Galaksi (ilustrasi).
Foto: Science Alert
Astronom menemukan galaksi terjauh dengan instrumen ALMA. Foto: Galaksi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Astronom dari National Radio Astronomy Observatory (NRAO) berhasil menemukan galaksi terjauh dari bumi yang dinamakan MAMBO-9. Penemuan itu dilakukan dengan menggunakan Atacama Large Millimeter Array (ALMA) atau teleskop radio astronomi interferometer yang berlokasi di gurun Atacama, Chili.

Baca Juga

Astronom melihat cahaya galaksi besar itu yang hanya berjarak 970 juta tahun setelah Big Bang. Ini adalah galaksi pembentuk bintang berdebu yang paling jauh yang pernah diamati.

Caitlin Casey dari University of Texas di Austin dan penulis utama penelitian mengatakan survei ALMA baru yang dirancang khusus untuk mengidentifikasi galaksi pembentuk bintang berdebu di alam semesta awal. Istimewanya, ini adalah pengamatan galaksi berdebu paling jauh yang pernah kita lihat dengan cara yang tidak terhalang."

Dilansir dari techexplorist.com, Senin (16/12), disebutkan bahwa penemuan galaksi terjauh ini terbilang sulit lantaran cahayanya terhalang galaksi yang lebih dekat dengan bumi. Namun, para astronom yang menggunakan ALMA memanfaatkan galaksi dekat sebagai lensa gravitasi. Tapi sebagai kompensasinya, citra objek tak akan terlihat jelas sehingga sulit melihat detailnya.

Para astronom menemukan bahwa MAMBO-9 ini memiliki massa gas dan debu yang sangat besar. Sekitar sepuluh kali lebih banyak dari semua bintang di Bima Sakti. Ini menunjukkan bahwa galaksi itu belum membangun sebagian besar bintangnya.

Casey pun mengharapkan lebih banyak penemuan lebih lanjut dalam survei ALMA. Seperti pengetahuan tentang bagaiman terbentuknya, mengapa begitu awal terbentukya, dan mengapa galaksi itu sangat berdebu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement