Kamis 19 Dec 2019 14:05 WIB

Tembok Laut Mediterania Bukti Manusia Kuno Melawan Banjir

Tembok laut dibangun pada 7000 tahun lalu, namun tak kuat menghadang banjir Tel Hreiz

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Gambar tangkapan layar fragmen tembok laut yang dibangun di Tel Hreiz.
Foto: wahington post
Gambar tangkapan layar fragmen tembok laut yang dibangun di Tel Hreiz.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Tujuh ribu tahun lalu, jauh sebelum era industri modern, panas sudah menghadang Bumi. Kenaikan air laut mengancam pemukiman di negeri dekat Mediterania. Penduduk desa melindungi rumah mereka dengan membangun tembok.

Sayangnya gagal. Penduduk tersapu dan tenggelam bersama bangunan. Tapi, laut masih menyimpan sisa-sisa cerita mereka.

Penduduk desa Neolitik Kuno di Pantai Carmel di Israel membangun tembok laut untuk melindungi permukiman mereka terhadap naiknya permukaan laut di Mediterania. Cerita ini sudah dikenal selama ribuan tahun.

Pemukiman tersebut, bernama Tel Hreiz. Pemukiman ini ditemukan pada tahun 1960 secara tidak sengaja. Saat itu penyelam yang mencari bangkai kapal menemukan alat batu dan tulang manusia.

Sebagian besar situs terendam tiga hingga empat meter di bawah permukaan laut. Ini menarik sedikit perhatian hingga 2012, ketika badai musim dingin yang kuat menggeser penutup pasir untuk mengungkapkan garis batu besar. Badai lain di tahun 2015 memperlihatkan batu-batu tambahan.

Tim peneliti internasional dari University of Haifa, Flinders University di Australia, Israel Antiquities Authority dan The Hebrew University menemukan bahwa tembok yang dibangun ini tidak cukup melindungi pemukiman tersebut dari banjir besar.

Tembok laut ini dibangun oleh pemukim kuno Tel Hreiz dari batu-batu besar yang bersumber di dasar sungai dari 1 sampai  2 km di dekat desa mereka. Hal ini mengungkapkan perjuangan manusia melawan naiknya samudera dan banjir sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkani di PLOS ONE, Dr. Ehud Galili dari Institut Arkeologi Zinman, Universitas Haifa, menjelaskan bahwa tembok laut sepanjang lebih dari 100 meter terbukti merupakan keamanan sementara dari banjir. Namun, pada akhirnya, desa ini mengalami banjir dan ditinggalkan penduduknya.

Dilansir di Phys.org, Kamis (19/12) disebutkan, penemuan ini memberikan wawasan baru tentang respons manusia purba terhadap ancaman yang ditimbulkan oleh kenaikan permukaan laut. Selama Neolitik, populasi Mediterania akan mengalami kenaikan permukaan laut dari 4 hingga 7 mm per tahun atau sekitar 12-21 cm selama masa hidup (hingga 70 cm dalam 100 tahun).

"Laju kenaikan permukaan laut ini berarti bahwa  frekuensi badai yang merusak desa akan meningkat secara signifikan," kata Dr. Galili.

"Perubahan lingkungan akan terlihat oleh orang-orang, selama masa hidup permukiman selama beberapa abad. Akhirnya, akumulasi permukaan laut tahunan mengharuskan respons manusia yang melibatkan pembangunan dinding pelindung pantai yang mirip dengan apa yang kita lihat di seluruh dunia," tambahnya.

Tel Hreiz kuno dibangun pada ketinggian yang aman hingga 3 meter di atas permukaan laut. Namun,kenaikan permukaan laut pasca gletser hingga 7 mm per tahun merupakan ancaman bagi pemukiman dan rumah mereka. 

Penulis pendamping Dr. Jonathan Benjamin dari Flinders University di Australia mengatakan permukiman Tel Hreiz pertama kali diakui sebagai situs arkeologi potensial pada 1960-an. Menurut Benjamin, tidak ada struktur bangunan yang diketahui atau serupa di salah satu desa terendam lainnya di wilayah ini. Ini menjadikan situs Tel Hreiz sebagai contoh unik dari bukti nyata ini untuk tanggapan manusia terhadap kenaikan permukaan laut di Neolitik.

"Kenaikan permukaan laut modern telah menyebabkan erosi pantai dataran rendah di seluruh dunia. Mengingat ukuran populasi pantai dan pemukiman, besarnya perkiraan perpindahan populasi di masa depan berbeda jauh dengan dampak pada orang-orang selama periode Neolitik," paparnya.

Peneliti saat ini memperkirakan kenaikan permukaan laut abad ke-21 berkisar antara 1,7 hingga 3mm per tahun, mewakili perubahan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan ancaman yang dialami oleh komunitas Neolitikum yang membangun tanggul laut purba. Namun banyak tantangan yang sama akan diajukan sesuai dengan penulis.

"Banyak pertanyaan mendasar manusia dan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan ketahanan manusia, pertahanan pesisir, inovasi teknologi, dan keputusan untuk akhirnya meninggalkan pemukiman lama tetap relevan."  kata Dr. Galili.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement