Sabtu 21 Dec 2019 00:08 WIB

Ilham Habibie akan Teruskan Semangat Ayahnya

Ilham Habibie ingin meneruskan proyek pesawat impian Habibie.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Indira Rezkisari
Ilham Habibie (tengah)
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Ilham Habibie (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Putra pertama almarhum BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie bertekad meneruskan semangat sang ayah. Menurut dia, kendati fisik Presiden ketiga Republik Indonesia itu tak ada di sini, karya dan gagasan untuk memajukan bangsa selalu membekas di hati masyarakat.

Ilham mengatakan dirinya juga akan meneruskan proyek pesawat terbang yang menjadi semangat Habibie. Pesawat jarak menengah R80 adalah impian Habibie untuk Indonesia.

Baca Juga

"Jalan terus. Kita lagi dalam menyusun bagaimana kita kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang lain jadi mitra di sini untuk membuat pesawatnya," ujar Ilham saat ditemui usai tahlilan 100 hari wafatnya Habibie di Jalan Patra Kuningan 13, Jakarta Selatan, Jumat (20/12) malam.

Menurut dia, prototype atau purwarupa pesawat R80 ditargetkan akan selesai pada 2024. R80 kemungkinan akan terbang perdana di tahun yang sama atau di tahun berikutnya, 2025. "Kalau sertifikasi kalau diizinkan pada tahun 2026," lanjut Ilham.

Ia menuturkan, pesawat R80 bukan hanya tentang pesawat udara saja. Dengan adanya pesawat R80 diharapkan dapat membanggakan Indonesia dan menjadi salah satu kemajuan negara.

Selain itu, BJ Habibie merupakan salah satu pendiri Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan The Habibie Center. Keduanya akan diteruskan aktif turut serta memajukan pembangunan nasional melalui bidangnya masing-masing.

Presiden Ke-3 RI BJ Habibie wafat pada usia 83 tahun di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto Jakarta pada Rabu 11 September 2019 pukul 18.05 WIB. Pada Jumat (20/12) keluarga mengadakan tahlilan 100 hari wafatnya Habibie di kediamannya.

Tahlilan itu dihadiri sejumlah warga karena terbuka untuk umum. Kemudian dihadiri juga sejumlah tokoh nasional dan artis ibu kota seperti tokoh ICMI sekaligus anggota DPD RI Jimly Asshiddiqie dan aktor Reza Rahardian.

Selain itu ada aktris Maudy Ayunda, produser Manoj Punjabi pemilik rumah produksi MD Pictures. Lalu ada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada Kabinet Reformasi Pembangunan Rahardi Ramelan, Akbar Tandjung, Quraish Shihab, dan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement