Senin 23 Dec 2019 17:00 WIB

BRI Buka Layanan Pembuatan Fuel Card BBM Subsidi Daring

Ini dilakukan guna memudahkan masyarakat mengurus kartu pembelian BBM nontunai.

Red: Gita Amanda
BRI buka layanan pembuatan Fuel Card BBM nonsubsidi secara online.
Foto: Tim infografis Republika.co.id
BRI buka layanan pembuatan Fuel Card BBM nonsubsidi secara online.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Bank Rakyat Indonesia Cabang Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka layanan pembuatan "fuel card" BBM jenis solar subsidi secara online. Ini dilakukan guna memudahkan masyarakat mengurus kartu pembelian BBM nontunai tersebut.

"Masyarakat cukup mengakses laman esdm.babelprov.go.id/fuel-card untuk mendaftar dan mengecek proses pencetakan fuel card ini," kata Kepala BRI Cabang BRI Kota Pangkalpinang, Yerry Chandra saat coffee morning dan diskusi santai bersama insan pers di Pangkalpinang, Senin.

Baca Juga

Ia mengatakan penerapan pembelian fuel card solar bersubsidi yang diluncurkan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada 2 Desember 2019 sebagai upaya mengatasi antrian panjang kendaraan di SPBU untuk mendapatkan solar bersubsidi tersebut.

Selain itu, pembelian solar subsidi nontunai ini agar pendistribusian BBM subsidi tepat sasaran, sehingga pemerintah daerah dan pertamina memiliki data yang akurat pengguna BBM subsisi.

"Kita berharap dengan layanan secara online ini dapat memudahkan masyarakat mengurus pembuatan kartu BBM subsidi, karena mereka tidak perlu lagi datang ke BRI untuk menguruskan kartu ini," ujarnya.

Menurut dia jika sebelumnya pengurusan kartu pembelian solar subsidi secara manual dan membutuhkan proses serta waktu cukup lama masyarakat untuk mendapatkan fuel card tersebut.

"Pengurusan secara online ini cukup mudah, masyarakat cukup mengisi identitas diri dan STNK kendaraan atas nama pemiliknya, pajak kendaraan yang didaftarkan. Apabila persyaratan sudah dipenuhi dan cocok, maka pada H+1 masyarakat sudah bisa mengambil kartu tersebut di Kantor BRI terdekat," katanya.

Ia menambahkan bagi masyarakat yang memiliki ATM BRI, mereka bisa mengisi ulang di ATM yang tersebar di kabupaten/kota tanpa biaya. "Kita terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk penggunakan solar bersubsidi di wilayah-wilayah terpencil," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement