Selasa 24 Dec 2019 13:03 WIB

Bus Transjakarta ke Ragunan Gratis Selama Libur Natal

Bus Transjakarta mengoperasikan 4 bus pendukung menuju Ragunan yang berbayar.

Red: Nur Aini
Bus Transjakarta
Foto: Antara/Reno Esnir
Bus Transjakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah DKI Jakarta melalui PT Transportasi Jakarta memberikan layanan khusus bagi warga yang ingin mengisi liburan Natal dan Tahun Baru 2020 ke Ragunan, yakni menyediakan layanan bus Transjakarta gratis.

"Kami siapkan rute khusus tidak berbayar ke Ragunan agar dapat membantu layanan transportasi lebih mudah, terjangkau, dan tidak menimbulkan kemacetan bagi warga lain yang hendak melintas di sekitar tempat rekreasi tersebut," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (24/12).

Baca Juga

Nadia mengatakan, Ragunan termasuk tempat favorit yang ramai dikunjungi saat liburan hari besar, seperti Natal dan tahun baru. Untuk mengurangi kemacetan pada masa libur Natal dan tahun baru, Transjakarta mengajak warga meninggalkan kendaraan pribadi di rumah dan berlibur menggunakan transportasi publik.

Layanan khusus bus tak berbayar tujuan Ragunan disediakan Metrotrans rute GR 3-SMK 57. Metrotrans rute GR3 dari titik awal halte SMK 57 Warung Jati Barat menuju Taman Margasatwa Ragunan dan sebaliknya dengan interval setiap 15 menit sekali.

Selain ke Ragunan, Transjakarta menyediakan rute terintegrasi TJ-MRT untuk mendukung liburan Natal dan Tahun Baru 2020. Untuk layanan tersebut, Transjakarta menyiapkan tiga unit Shuttle Metrotrans yang akan melayani selama 10 hari. Bus tersebut dioperasikan mulai Selasa 24 Desember 2019 sampai Jumat 2 Januari 2020. Bus tersebut dioperasikan pada pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Menurut Nadia, rute itu disiapkan untuk mengantisipasi kepadatan pengguna kendaraan pribadi yang menuju ke tempat wisata tersebut.

"Biasanya Ragunan pada musim liburan penuh dengan kendaraan pribadi sehingga kepadatan kendaraan tak jarang menimbulkan kemacetan," katanya.

Selain shuttle, Transjakarta juga tetap mengoperasikan rute pendukung yang menuju Ragunan, antara lain, 13D Puribeta-Ragunan, 4H Pulogadung-Ragunan, 6F Manggarai-Ragunan, dan 6R Ragunan-MRT Fatmawati.

"Untuk empat rute pendukung ini berbayar seperti biasa, beroperasi mulai pukul 05.00 sampai dengan 22.00 WIB," katanya.

Nadia mengimbau warga yang berlibur di Jakarta, mengajak keluarga merasakan integrasi antarmoda dan dapat meninggalkan kendaraan di area parkir sekitar Bundaran HI lalu menggunakan MRT hingga Stasiun Fatmawati. Lalu lanjut dengan Transjakarta rute 6R Ragunan-MRT Fatmawati.

Ia mengatakan, masa liburan sekolah tahun ini warga dapat memulai meninggalkan kendaraan pribadi di rumah dan beralih menggunakan transportasi integrasi antarmoda yang tersedia di Jakarta. Layanan tersebut memungkinkan anak dan orang tua merasakan kebersamaan mengelilingi Jakarta dengan tarif yang relatif terjangkau tanpa harus menggunakan kendaraan pribadi.

Saat liburan hari besar nasional Transjakarta sebagai transportasi andalan warga DKI dan sekitarnya berupaya untuk memberikan fasilitas tambahan guna melayani dan mendukung Program Pemprov DKI membantu mengurangi polusi dan kemacetan melalui budaya naik transportasi umum dalam berbagai aktivitas.

"Termasuk ke tempat liburan akhir tahun bersama keluarga," kata Nadia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَا يُؤَاخِذُكُمُ اللّٰهُ بِاللَّغْوِ فِيْٓ اَيْمَانِكُمْ وَلٰكِنْ يُّؤَاخِذُكُمْ بِمَا عَقَّدْتُّمُ الْاَيْمَانَۚ فَكَفَّارَتُهٗٓ اِطْعَامُ عَشَرَةِ مَسٰكِيْنَ مِنْ اَوْسَطِ مَا تُطْعِمُوْنَ اَهْلِيْكُمْ اَوْ كِسْوَتُهُمْ اَوْ تَحْرِيْرُ رَقَبَةٍ ۗفَمَنْ لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلٰثَةِ اَيَّامٍ ۗذٰلِكَ كَفَّارَةُ اَيْمَانِكُمْ اِذَا حَلَفْتُمْ ۗوَاحْفَظُوْٓا اَيْمَانَكُمْ ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اٰيٰتِهٖ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ
Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak disengaja (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja, maka kafaratnya (denda pelanggaran sumpah) ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi mereka pakaian atau memerdekakan seorang hamba sahaya. Barangsiapa tidak mampu melakukannya, maka (kafaratnya) berpuasalah tiga hari. Itulah kafarat sumpah-sumpahmu apabila kamu bersumpah. Dan jagalah sumpahmu. Demikianlah Allah menerangkan hukum-hukum-Nya kepadamu agar kamu bersyukur (kepada-Nya).

(QS. Al-Ma'idah ayat 89)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement