Kamis 26 Dec 2019 10:17 WIB

Pemuda Lintas Agama Bantu Jaga Misa Natal di Jember

Para pemuda lintas agama membantu menjaga misa Natal di sejumlah gereja di Jember

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Misa Natal Anak-Anak. Para pemuda lintas agama membantu menjaga misa Natal di sejumlah gereja di Jember. Ilustrasi.
Foto: Republika/ Wihdan
Misa Natal Anak-Anak. Para pemuda lintas agama membantu menjaga misa Natal di sejumlah gereja di Jember. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Para pemuda lintas agama ikut serta menjaga misa Natal di sejumlah gereja di Jember. Mereka membantu aparat kepolisian dan TNI mengamankan kegiatan ibadah umat Kristiani.

Sejumlah wanita berhijab, lelaki berpeci, dan menggunakan pakaian tradisional yang tergabung dalam Komunitas Arek Kencong terlihat berada di antara aparat keamanan saat berlangsung misa Natal Jemaat Gereja Santo Paulus Jalan Patok Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember.

Baca Juga

"Kami sengaja datang ikut membantu pengamanan misa Natal tanpa diminta sebagai bentuk solidaritas dari pemuda lintas agama di Jember yang memiliki anggota beragama Islam, Hindu, Kristen saling membantu mengamankan acara keagamaan," kata Koordinator Komunitas Arek Kencong Anton Budiono di Jember.

Meski beda agama ataupun keyakinan, lanjut dia, silaturahim tersebut sudah rutin dilakukan setiap umat beragama di Kabupaten Jember merayakan hari besar keagamaan. "Kegiatan kami lakukan di beberapa gereja yang tersebar di sejumlah kecamatan di Jember. Selain sebagai bentuk hormat-menghormati, juga untuk menjaga toleransi antarumat beragama demi persatuan bangsa," jelasnya.

Ia menerangkan kegiatan itu merupakan bentuk saling menghargai untuk membangkitkan semangat dan mewujudkan kehidupan yang penuh damai, serta menangkal isu-isu perpecahan antarumat beragama di Indonesia. Selain pemuda lintas agama, ribuan anggota Banser juga membantu aparat kepolisian dan TNI dalam mengamankan misa Natal di gereja-gereja yang tersebar di Kabupaten Jember.

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jember juga sudah menggelar patroli skala besar. Patroli diikuti oleh 1 SST Gabungan Staf Polres Jember, 1 SST Sat Sabhara Polres Jember, 1 SST Sat Lantas Polres Jember, 1 SST Sat Reskrim, Sat Reskoba dan Sat Intelkam, 1 SST Sat Pol PP dan PMK, 1 Unit Provost, dan Urkes 2 personel yang meninjau sejumlah gereja pada Selasa (24/12) sore.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement