Kamis 26 Dec 2019 23:56 WIB

Ziarah Makam Masih Jadi Rutinitas di Peringatan Tsunami Aceh

Warga masih tak meninggalkan ritual ziarah makam korban tsunami Aceh.

Red: Nashih Nashrullah
Warga memanjatkan doa di pemakaman massal korban tsunami Ule Lheu, Banda Aceh.
Warga memanjatkan doa di pemakaman massal korban tsunami Ule Lheu, Banda Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH— Salah satu pekuburan massal akibat gempa bumi dan gelombang tsunami tempat menguburkan sebanyak 14.264 jasad di Gampong (Desa) Ulee Lheue, Kamis (26/12), tidak luput dari aktivitas ziarah keluarga korban di Banda Aceh dan sekitarnya mengenang bencana 15 tahun silam.

Wartawan Antara melaporkan di lokasi kuburan massal Ulee Lheue, Banda Aceh terlihat belasan orang melakukan ziarah dengan membaca beberapa suraH dalam Alquran yang dihadiahkan untuk doa bagi keluarga korban meninggal dunia pada peristiwa gempa bumi dan gelombang tsunami pada 26 Desember 2004.

Baca Juga

"Bacaan Alquran ini untuk ibu saya yang jasadnya tidak kami temukan setelah peristiwa itu," kata Riana (45), keluarga korban sambil menitikkan air mata ketika mengenang musibah tersebut.

Dia mengaku tidak sanggup melanjutkan jalan cerita yang menewaskan sebagian anggota keluarga akibat peristiwa meluluhlantakkan sebagian besar Provinsi Aceh.

Tidak jarang warga yang membacakan ayat suci Alquran menahan rasa haru dan pilu, sedangkan sebagian lagi menangis tersedu akibat terkenang dasyatnya peristiwa yang baru pertama kali terjadi di provinsi paling barat Indonesia itu. 

Umumnya mereka yang datang ke kuburan massal Ulee Lheue di Banda Aceh ini akibat tidak mengetahui persis kuburan keluarganya. Namun mereka meyakini jasad keluarga yang meninggal ketika tsunami 15 tahun silam dikuburkan di lokasi tersebut.

"Kami juga sering ke kuburan massal lain di Aceh, seperti di Lhoknga, dan Lambaro, Aceh Besar. Sewaktu tsunami terjadi, ayah, mama, abang, adik, mertua, kakak ipar, dan anak saya satu orang semua habis," kataSheila (47), keluarga korban lainnya.

Pada Ahad, 26 Desember 2004 silam, provinsi berjuluk "Serambi Mekkah" itudiguncang gempa bumi berkekuatan 9,1 Skala Richter di laut yang memiliki jarak sekitar 149 kilometer dari Kota Meulaboh, Aceh Barat.

Beberapa menit kemudian disusul gelombang tsunami yang meratakan bangunan terutama wilayah pinggiran pantai di Aceh dengan korban lebih 170 ribu jiwa.

Gelombang tsunami mencapai 30 meter itu menewaskan total 230 ribu jiwa di 14 negara, dan menenggelamkan sejumlah permukiman pesisir. Indonesia merupakan negara yang dampaknya paling parah selain Sri Lanka, India, dan Thailand.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement