Rabu 01 Jan 2020 14:45 WIB

Banjir, Anies Minta Transportasi Publik Siaga Bagi Warga

Anies meminta pengelola transportasi publik menyiapkan rute alternatif saat banjir

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Anies meminta pengelola transportasi publik menyiapkan rute alternatif saat banjir. Ilustrasi.
Anies meminta pengelola transportasi publik menyiapkan rute alternatif saat banjir. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta pengelola transportasi publik menyiapkan rute alternatif. Rute ini disiapkan bagi masyarakat agar dapat tetap beraktivitas normal meski banjir melanda ibu kota.

"Pastikan kelancaran lalu lintas, pastikan mobilitas warga di jalanan tidak terganggu. Amankan semua transportasi publik. Bila ada rute kendaraan umum yg terkendala oleh banjir, segera siapkan rute alternatif," kata Anies di Pintu Manggarai, Jakarta, Rabu (1/1).

Baca Juga

Selain itu, ia juga meminta jajarannya terus memantau kelancaran lalu lintas dari insiden-insiden seperti pohon tumbang dan sambungan arus listrik pendek yang kerap terjadi di musim penghujan. "Pastikan warga terbebas dari bahaya listrik, pohon tumbang, dan yang semacamnya," ujar Anies.

Hal ini disampaikannya kepada para pemangku kepentingan di Pemprov DKI agar memastikan warga tetap aman meski banjir melanda Jakarta. Menurut Anies curah hujan  tidak bisa kita kendalikan, tapi dampaknya bisa dikendalikan.

"Pemprov DKI Jakarta harus hadir, Pemprov DKI Jakarta ambil sikap bertanggung jawab. Kita tunjukkan kepada seluruh warga bahwa semua jajaran turun tangan, kita hadapi dan kita selesaikan masalah yang sedang ada sekarang ini dengan sebaik-baiknya," ujar Anies.

Sejak Selasa (31/12) sore, hujan berintensitas sedang mengguyur Jakarta secara merata hingga Rabu (1/1) pagi. Akibatnya sejumlah akses pemukiman dan jalan terendam oleh banjir mulai dari 40 sentimeter hingga 1,5 meter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement